060809 KNKT Investigasi Kecelakaan KA

JAKARTA —Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang melibatkan kereta Api Pakuan Ekspress (KA 221) jurusan Jakarta-Bogor dan kereta kelas ekonomi (KA 549) pada Selasa, 4 Agustus 2009.

”Tim sudah dibentuk untuk menginvestigasi kecelakaan tersebut. Biarkan mereka bekerja,” ujar juru bicara KNKT JA Barata kepada Koran Jakarta, Rabu (5/8).

Dikatakan nama investigator yang terlibat adalah Sunyoto, Wahyudianto, Mumuh, dan Muchtar. “Tim akan mengolah fakta dan data di lapangan untuk dianalisis,” katanya.

Secara terpisah, Kahumas PT KA Daops I Sugeng Priyono menjelaskan, belum bisa mengambil kesimpulan penyebab kecelakaan. “Sekarang masih dianalisa. Jika ada yang bicara itu karena pelanggaran sinyal, saya enggan mengomentarinya,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan Tundjung Inderawan mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, ada indikasi pelanggaran sinyal yang memicu terjadinya kecelakaan itu.

”Berdasarkan laporan yang saya dapat dari lapangan, KA 221 menabrak KA 549 yang sedang mogok di tikungan. Posisi KA yang mogok itu tepat di lengkungan. Indikasi awal, KA Pakuan 221 itu melanggar sinyal sehingga tidak sempat mengerem dan akhirnya menabrak dari belakang,” jelas Tundjung.

Atas peristiwa itu pula, Tundjung menambahkan, pihaknya akan lebih keras untuk mengevaluasi sejauh mana standar operasi dan keselamatan dijalankan operator, termasuk kelaikan SDM dan sarana yang dioperasikan.

”Evaluasi) ini sebagai tindak lanjut dari sidak (inspeksi mendadak) yang pernah saya lakukan beberapa waktu lalu,” tegasnya.[dni]

Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat – Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s