060809 BRTI Diminta Konsisten

brtiBadan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) diminta untuk konsisten menegakkan aturan terkait kualitas layanan dengan mengumumkan hasil evaluasi kinerja jaringan operator secara periodik.

“Pada kuartal pertama lalu BRTI mengumumkan kinerja jaringan operator terkait kualitas layanan. Kenapa untuk kinerja kuartal kedua tidak ada. Ada apa ini,” selidik Direktur Kebijakan dan Perlindungan Konsumen Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala kepada Koran Jakarta, Rabu (5/8).

Kamilov meminta, laporan kinerja kualitas layanan kuartal kedua diumumkan layaknya periode sebelumnya agar masyarakat tahu operator yang konsisten memberikan layanan terbaik. “Saya justru curiga data tersebut belum diberikan oleh operator. Ini juga tak bisa dilepaskan dari lemahnya infrastruktur BRTI dalam mengawasi sehingga akses ke operator lemah,” sesalnya.

Kamilov mendesak, BRTI harus mengubah perilakunya dalam mengawasi operator dengan bertindak sebelum adanya keluhan dari masyarakat.”Kasus IM2 yang memperpendek masa tenggang langganan internet prabayar jelas sekali merugikan pengguna, tetapi BRTI tidak bersuara. Kenapa harus menunggu dulu ramai di media baru bertindak,” sesalnya.

Secara terpisah, Anggota Komite BRTI Heru Sutadi menjelaskan, evaluasi kinerja kualitas layanan operator sebenarnya dilakukan secara keseluruhan selama satu tahun.

“Tetapi operator punya kewajiban untuk melaporkan kinerja per kuartal di situs masing-masing. Laporan kuartal pertama lalu diambil dari masing-masing situs operator,” katanya.

Heru juga menyesalkan, lambanya respons operator dalam melaporkan kinerja jaringan untuk kuartal kedua. “Bahkan di lapangan ditemukan dua operator tidak memiliki situs resmi,” sesalnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s