030809 Garuda Buka Kembali Tiga Rute Internasional

JAKARTA—Guna meningkatkan pelayanan kepada para penggunanya, Garuda Indonesia kembali membuka penerbangan langsung tiga rute internasional yang sempat dihentikan.

“Ketiga rute itu adalah dari Jakarta menuju Sydney, Melbourne, dan Seoul,” ujar juru bicara Garuda Pudjobroto di Jakarta, Minggu (2/8).
Diungkapkannya, penerbangan langsung Jakarta menuju Sydney dimulai pada Sabtu (1/8), sementara penerbangan Jakarta menuju Melbourne dan Seoul dimulai pada Minggu (2/8).

“Penerbangan Garuda Indonesia menuju kota – kota tersebut saat ini juga dilayani dari Denpasar, hub (pusat operasi penerbangan) kedua Garuda Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya, rute Jakarta – Sydney akan dilayani setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 712) pada pukul 22.00 WIB, tiba di Sydney pukul 07.25 waktu setempat (keesokan harinya). Pesawat berangkat kembali dari Sydney (GA 713) pada pukul 10.00 waktu setempat dan tiba di Jakarta pada pukul 14.35 WIB.

Sedangkan rute Jakarta – Melbourne dilayani setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu dengan waktu keberangkatan dari Jakarta (GA 716) pukul 22.15 WIB, tiba di Melbourne pukul 07.25 waktu setempat (keesokan harinya). Pesawat kembali terbang dari Melbourne (GA 717) pada pukul 09.55 waktu setempat, dan tiba di Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Sementara itu rute Jakarta – Seoul pp dilayani setiap hari Selasa, Jumat, Minggu dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 878) pukul 23.40 WIB, tiba di Incheon (Seoul) pukul 08.30 waktu setempat (kesokan harinya). Pesawat terbang kembali dari Seoul (GA 879) pada pukul 10.35 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 15.30 WIB.

Penerbangan pada ketiga rute tersebut menggunakan pesawat Airbus A330-200 dengan kapasitas tempat duduk pada kelas bisnis sebanyak 36 tempat duduk, dan kapasitas tempat duduk pada kelas ekonomi sebanyak 186 tempat duduk.

Pesawat tersebut telah dilengkapi dengan ”inflight entertainment (IFE)” canggih berupa audio and video on demand (avod) pada setiap kursi dengan fasilitas 25 pilihan film, 10 program TV, serta 35 pilihan album musik dan 25 interaktif video games. Kelas bisnis pada pesawat A-330-200 juga telah dilengkapi dengan kursi flat bed yang dapat direbahkan hingga 180’.

Dijelaskannya, pembukaan penerbangan langsung dari Jakarta menuju tiga kota tersebut, juga merupakan bagian dari upaya Garuda untuk menjadikan Jakarta sebagai hub (pusat operasi penerbangan) di kawasan regional dan internasional.

“Direalisasikannya pembukaan penerbangan langsung dari Jakarta ke Sydney, Melbourne dan Seoul tersebut, maka dari 18 rute yang direncanakan akan dibuka pada tahun 2009, hingga saat ini Garuda Indonesia telah merealisasikan pembukaan lebih dari 13 rute termasuk Lampung, Jambi, Pangkalpinang, Kendari, Malang, Kupang, Denpasar – Ampenan, Surabaya – Hongkong dan Denpasar – Hongkong, dan Jakarta – Shanghai,” katanya.

Berdasarkan catatan, untuk mendukung pengembangan bisnisnya, Garuda Indonesia telah memesan sebanyak 50 pesawat Boeing 737-800NG yang tiba secara bertahap mulai bulan Juli 2009, dan 10 pesawat Boeing 777-300ER yang akan tiba mulai 2011 mendatang. Selain itu, pada tahun 2009 ini Garuda Indonesia juga mendatangkan 4 pesawat baru jenis Airbus A-330-200 dari pabriknya di Toulouse, Perancis.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s