310709 Indeks Kepercayaan Konsumen Indonesia Tertinggi di Dunia

JAKARTA—Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia bertengger di posisi teratas di dunia untuk periode Juni ini.

Tercatat, indeks kepercayaan konsumen Indonesia berada di level 112,5 persen, mengalahkan India yang memiliki indeks 112,1 persen atau Philipina (102,6 %).

“Level kepercayaan konsumen Indonesia menunjukkan peningkatan setelah pada semester kedua 2008 menunjukkan penurunan,” ungkap Direktur Eksekutif Consumer Research The Nielsen Company Indonesia , Catherine Eddy di Jakarta, Kamis (30/7).

Diungkapkannya, pada semester kedua tahun lalu indeks kepercayaan konsumen Indonesia berada pada level 110 persen atau turun 10 persen ketimbang semester pertama 2008.

Menurut Catherine, terus naiknya indeks kepercayaan konsumen  menunjukkan   Indonesia tidak ‘terikat’ oleh krisis keuangan global. “ Ada juga gabungan faktor lainnya yang mendorong indeks naik yakni perekonomian di Indonesia lebih bergantung pada konsumsi lokal jika dibandingkan para negara tetangga di kawasan ASEAN. Hal itu dibuktikan dengan 65 persen GDP dihabiskan untuk konsumsi lokal,” katanya.

Kondisi ini, lanjutnya,   memberikan keuntungan tersendiri berupa perlindungan apabila ekspor sedang lesu.  Faktor lainnya yang membuat indeks meningkat adalah situasi politik yang stabil, tingkatan inflasi yang rendah, tidak adanya pekerja yang kehilangan pekerjaan dalam jumlah yang sangat dramatis,

“Kami juga melihat pertumbuhan di bidang perdagangan retail ikut mendukung tingkat kepercayaan konsumen. Nilai dari pasar retail dalam setahun berdasarkan data Mei 2009 tumbuh sekitar 7 persen  dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu,” jelasnya.

Catherine memperkirakan, setelah bulan Juni lalu tingkat kepercayaan konsumen akan terus meningkat dan pengeluaran masyarakat untuk berbelanja akan ikut naik. “Ada Lebaran dimana akan memicu masyarakat konsumtif. Beberapa produk rumah tangga akan menunjukkan peningkatan pembelian. Sedangkan untuk barang luks seperti mobil dan sepeda motor mulai naik penjualannya pada semester kedua ini,” ungkapnya.

Selanjutnya Catherine memprediksi, melihat hasil survei kepercayaan konsumen secara global, maka   pada kuartal kedua tahun ini, resesi ekonomi yang melanda dunia telah mencapai titik terendah.

“Pada survei kepercayaan konsumen global, kami melihat pertanda awal bahwa sejauh konsumen dunia peduli, resesi telah mencapai titik terendah,” katanya.

Tiga bulan kemudian, dia menambahkan, konsumen dunia mulai memikirkan ide tentang pemulihan yang menjadi titik balik utama.

Menurut Catherine, berdasarkan survei Kepercayaan Konsumen Global yang dilakukan Nielsen, harapan konsumen agar krisis ekonomi global segera teratasi semakin menguat pada kuartal kedua 2009 .

“Indeks Nielsen yang dilakukan di 28 negara pada Juni 2009 telah meningkat menjadi 82 poin atau bertambah 5 poin dari 77 poin pada Maret,” katanya.

Naiknya indeks tersebut dipicu oleh peningkatan optimisme konsumen dan stok pasar di kawasan Brazil , Russia , India , China (BRIC), juga beberapa negara utama di Asia .

Survei tersebut melibatkan 14.029 orang konsumen online dari 28 negara, 501 orang di antaranya berasal dari Indonesia . Survei dilakukan pada 15 – 29 Juni 2009.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s