300709 Penetrasi SLI Telkom Capai 42%

JAKARTA—Penetrasi pasar Sambungan Langsung Internasional (SLI)  milik Telkom dengan teknologi clear channel dan Voice over Internet Protocol (VoIP) hingga semester pertama tahun ini mencapai 42 persen.

 

“Meskipun pemain di SLI bertambah, ternyata jasa SLI Telkom masih dipercaya oleh masyarakat. Realita ini membuat Telkom optimistis jasa ini mampu memberikan tambahan pendapatan yang signifikan bagi perseroan,” kata VP Public and Marketing Communication  Telkom Eddy Kurnia di Jakarta, Rabu (29/7).

 

Diungkapkannya, durasi trafik  SLI Telkom hingga Juni 2009 secara total mencapai 814,3 juta menit dengan komposisi telepon masuk ke Indonesia (incoming) sebesar 77 persen dan telepon ke luar negeri (outgoing) sebesar 23 persen.

  

Dikatakannya, untuk meningkatkan penetrasi pasar SLI, Telkom  terus meningkatkan kapasitas dan jangkauan infrastruktur internasional yang dimiliki, serta meningkatkan jumlah kerjasama bilateral dengan mitra luar negeri secara selektif .

 

Peningkatan kualitas layanan juga dilakukan melalui penambahan infrastruktur Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jasuka yang membentang dari Batam-Pontianak-Tanjung-Pandang-Jakarta. Adapun kapasitas inisial SKKL Jasuka (singkatan dari Jawa-Sumatera-Kalimantan) adalah STM-16 (10 Gbps).

 

Layanan data internasional seperti International Private Leased Circuit (IPLC) memiliki prospek yang cukup baik di Indonesia. Dengan rata-rata pertumbuhan penggunaan layanan ini di atas 40 persen setiap tahunnya, maka Telkom akan menggarap bisnis ini untuk melengkapi keberhasilan layanan voice melalui SLI 007.

 

Terlebih lagi dengan telah dioperasikannya sistem kabel laut (Jasuka) sebagai rute alternatif jaringan fiber optic eksisting, Telkom dapat menyelenggarakan layanan data dengan tingkat layanan yang cukup tinggi.

 

“Hal ini akan menjadi momentum yang sangat tepat bagi Telkom untuk mengembangkan layanan internasional lainnya di luar layanan suara, yaitu layanan data,” ujarnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s