170709 Icon+ Kaji Menjadi Penyelenggara Jaringan Lengkap

JAKARTA–Anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Indonesia Comnet Plus (Icon+) akan mengaji untuk memiliki lisensi penyelenggara jaringan yang lengkap agar bisa menyelenggarakan jasa telekomunikasi basic telephony bagi masyarakat.

Selama ini Icon+ hanya memiliki lisensi jaringan tertutup untuk menyewakan backbone serat optic, Voice Over internet Protocol (VoIP), dan Penyedia Jasa Internet (PJI). Pada tahun lalu perseroan berhasil meraup keuntungan 458 miliar rupiah dari lisensi yang dimilikinya. Sebesar 10 persen disumbang oleh VoIP dan PJI

“Besar kemungkinan akan diajukan lisensi untuk bisa menyelenggarakan basic telephony setelah penggelaran jaringan telepon desa kami selesaikan. Tentang bentuk lisensinya tetap atau seluler, itu perlu kajian lebih lanjut,” ujar Direktur Utama Icon+ Muljo Adji AG di Jakarta, Kamis ((16/7).

Dikatakannya, perseroan belum lama ini telah berhasil memenangkan tender telepon pedesaan (Universal Service Obligation/USO) yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) di beberapa propinsi di Indonesia Timur.

Wilayah itu adalah Propinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Maluku Utara, Papua dan Irian Jaya Barat. Total nilai proyek mencapai sekitar 730,1miliar rupiah. Sebagai pemenang tender, perseroan akan diberikan izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal dan blok nomor USO oleh Depkominfo di wilayah yang dikelolanya.

“USO adalah tahap awal menuju penyelenggara telekomunikasi di area lainnya. Ini bisa dikatakan tempat belajar model bisnis,” katanya.

Diprediksinya, penyelesaian pembangunan jaringan USO pada awal tahun depan akan selesai sekitar 10 persen dari total wilayah garapan. “Dana awal yang disediakan adalah sebesar 43 miliar rupiah. Sedangkan belanja modal kami tahun ini sebesar 350 miliar rupiah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Telekomunikasi dan Informatika Pedesaan (BTIP) Santoso Serad menjamin, sebagai pemenang tender, Icon+ akan dijamin mendapatkan blok nomor dan pembukaan interkoneksi dengan pemain lainnya. “Meskipun itu domain bisnis antarpemain, tetapi tetap kita jaga agar sebagai pemain baru perusahaan ini mendapatkan haknya. Apalagi ini menyangkut masyarakat desa tertinggal,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s