150709 Penjualan Ponsel Kuartal II Mulai Membaik

JAKARTA–Penjualan telepon seluler (ponsel) selama kuartal kedua tahun ini mulai membaik ketimbang kuartal IV 2008 dan kuartal I 2009 karena nilai tukar rupiah yang mulai menguat serta ekonomi yang stabil pertumbuhannya.

“Penjualan industri pada kuartal kedua tahun ini lebih baik. Angka resminya belum keluar, tetapi dapat dipastikan tidak lagi negative growth,” ungkap GM LG Mobile Communications Indonesia Usun Pringgodigdo di Jakarta, Selasa (14/7).

Sebelumnya,   selama kuartal pertama tahun ini penjualan ponsel mengalami penurunan sebesar 25 persen jika dibandingkan periode kuartal ketiga 2008.

Tercatat, selama kuartal ketiga tahun lalu setiap bulannya vendor ponsel berhasil menjual 2,1 juta unit ponsel, sementara selama kuartal pertama 2009 angka itu mengalami penurunan sebesar 525 ribu unit.

Usun menjelaskan,  periode kuartal pertama mengalami penurunan karena ada krisis ekonomi dan turunnya nilai rupiah. Sementara untuk kuartal kedua ini terdapat beberapa stimulus di luar makro ekonomi seperti liburan sekolah dan suksesnya penyelenggaraan pemilu.

“Saat liburan sekolah banyak yang membeli ponsel. Jenis yang laku untuk segmen mid low,”jelasnya.

Dikatakannya,  jenis ini menguasai 60 persen penjualan selama ini. “Sebenarnya jika ingin menjual ponsel di Indonesia hanya dua pasar yg masih bergairah, mid low atau langsung ke high end,” katanya.

Pada kesempatan sama, Marketing General Manager LG Halim Astono mengungkapkan, toko aplikasi online yang diluncurkan oleh kantor pusatnya belum bisa dijalankan di Indonesia karena keterbatasan infrastruktur di pasar lokal.

“Untuk menjalankan toko aplikasi itu ada keterbatasan misalnya di model bisnis dan hukum di Indonesia. Ini harus dipastikan dulu baru bisa dikomersialkan,” jelasnya.

Sebelumnya,   LG Electronics mengumumkan telah meluncurkan toko aplikasi dengan nama LG Application Store.

Toko online  itu berisi lebih dari 1.400 aplikasi termasuk 100 program gratis. Toko aplikasi yang dibuka vendor asal Korea Selatan itu tersedia dalam 15 layanan bahasa.

LG rencananya  akan memfokuskan toko aplikasinya untuk pasar Asia, meskipun juga ditawarkan ke sejumlah negara Eropa dan Amerika Selatan. Fokus utama toko aplikasi itu akan membidik negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Australia.

Tujuan pembukaan layanan toko aplikasi itu diperkirakan sebagai upaya LG untuk bersaing dengan produsen ponsel besar lainnya, terutama Nokia dan Samsung.

Pada akhir tahun 2009, LG menargetkan toko aplikasinya telah terisi lebih dari 2.000 aplikasi.[Dni]

1 Komentar

  1. bagus…..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s