150709 Dephub Optimistis Larangan Terbang Dicabut

JAKARTA–Departemen Perhubungan (Dephub) semakin optimistis larangan terbang bagi empat maskapai nasional ke Uni Eropa akan segera dicabut Rabu (15/7) besok.

“Malam ini, 27 negara yang tergabung dalam komisi Uni Eropa akan bersidang membahas tentang larangan terbang. Hasil koordinasi yang intensif mengindikasikan larangan terbang bagi 4 maskapai segera dicabut,” ungkap juru bicara Dephub Bambang S Ervan kepada Koran Jakarta, Selasa (14/7).

Dikatakannya, sidang yang dilakukan oleh Komisi UE pada Selasa malam adalah tentang rekomendasi pencabutan embargo bagi maskapai Indonesia.

Kabar di lapangan mengatakan, pihak Uni Eropa telah memberikan surat lewat faksimili yang isinya mengenai pencabutan embargo terhadap seluruh penerbangan Indonesia ke Eropa.

Surat dengan tebal empat lembar tersebut pada intinya menyatakan ke-27 negara anggota UE telah memberikan persetujuan kepada empat maskapai Indonesia untuk masuk ke Eropa. Ke empat maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia, Mandala Airlines, Airfast dan PremiAir.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Bambang membantah sudah ada keluar surat resmi pencabutan.”Tidak ada kami menerima surat. Yang jelas koordinasi berjalan terus dan indikasinya akan terjadi pencabutan,” katanya.

Sebelumnya, telah terjadi pertemuan delegasi Uni Eropa dengan Departemen Luar Negeri dalam Forum Konsultasi Bilateral (FKB) yang digelar di Jogjakarta, pada13-14 Juli.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Retno L.P. Marsudi, Dirjen Amerika dan Eropa dari Departemen Luar Negeri, sedangkan delegasi Komisi Eropa diwakili oleh James Moran, Direktur Urusan Asia dari Directorate General of External Relations European Commission.

Disebutkan, delegasi UE menyambut baik prestasi Indonesia dalam memperbaiki keselamatan penerbangan. Air Safety Committee telah merekomendasikan dicabutnya pelarangan terhadap empat maskapai penerbangan Indonesia dari daftar hitam UE.

Pernyataan bersama delegasi UE dan Deplu RI adalah menganggap layak dari segi keselamatan penerbangan untuk melakukan operasi penerbangan ke dan dari Eropa.

Hal ini membuat warga negara Uni Eropa dapat melakukan perjalanan domestik maupun internasional dengan menggunakan maskapai tersebut.

Indonesia dan UE juga akan membahas kemungkinan kerjasama di sektor penerbangan lainnya yang akan menjamin kerjasama yang lebih erat dikemudian hari. Pertemuan telah menyepakati untuk melakukan pemarafan perjanjian kerjasama dan kemitraan (PCA/PartnershipCooperation Agreement).

Perjanjian ini merupakan perjanjian bilateral pertama antara Indonesia dan Uni Eropa. Perjanjian ini juga merupakan yang pertama di antara negara-negara anggota ASEAN.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s