140709 MA-60 Memang Bermasalah

merpatiJAKARTA–Pesawat MA-60 buatan Xian Aircraft China yang dikirimkan ke Merpati Nusantara Airlines ternyata  memang bermasalah sebelum dioperasikan.

“Sayap belakang (Rudder) mengalami keretakan sebelum dioperasikan. Itu hasil Investigasi sementara yang  didapatkan,” kata investigator Komite Nasional KeselamatanTransportasi (KNKT), Mardjono di Jakarta, Senin (13/7).

Diungkapkannya, kerusakan terjadi sebelum pesawat dioperasikan. “Jika pabrik pesawat dengan kualitas produksi yang baik tentu akan membuat  spare part dengan kualitas yang rata-rata juga baik. Tetapi di pesawat ini sepertinya tidak terjadi,” katanya.

Menurut dia, pabrik yang baik dalam 100 spare part yang diproduksi,  tidak ada yang rusak dan kualitasnya sama.

“Tetapi ini baru kesimpulan sementara, pemeriksaan akan tetap dilanjutkan  hingga dua pekan ke depan. Setelah selesai, tim investigasi baru akan memberikan keterangan mengenai MA-60 itu,” katanya.

Merpati sendiri telah melakukan langkah lain guna mengatasi tidak bagusnya kualitas MA-60 yaitu dengan mengadakan tender penyewaan pesawat ATR sebagai ganti MA-60.

Sebelumnya Merpati telah menghentikan penerbangan pesawat MA60buatan Xian Aircraft asal China setelah ditemukannya kerusakan dibagian rudder atau sayap belakang pesawat.

Xian sendiri  sudah mendatangkan dua pesawat dengan cara sewa tersebut sebelum akhirnya akan dibeli secara resmi oleh perusahaan Merpati.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s