140709 Lebih Fokus Ke Ritel

kampanyeMeskipun sudah dipayungi oleh regulasi untuk menyelenggarakan SMS kampanye, ternyata operator telekomunikasi tidak berminat untuk menggarap pasar tersebut secara serius.

Berdasarkan data yang diterima, semua operator tidak ada yang menjalin kerjasama dengan Partai Politik (Parpol) atau kandidat Calon Presiden (Capres) secara langsung.

“Tidak ada kerjasama eksklusif dengan Parpol atau Capres yang dijalin. Jika pun ada SMS kampanye, semua melalui penyedia konten,” tegas Kepala Pemasaran dan Merek Indosat Teguh Prasetya kepada Koran Jakarta, Senin (13/7).

Direktur Komersial XL Joy Wahjudi mengatakan, pihaknya juga tidak menjalin kerjasama dengan parpol atau Capres selama Pemilu lalu. “Karena itu prediksi saya kenaikan trafik itu campuran. Dampak dari  Pilpres dan libur sekolah,” katanya.

Bahkan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekelas Telkom pun seperti enggan untuk menjalin kerjasama dengan parpol atau Capres. “Tidak ada kerjasama. Kami lebih memilih fokus pada program ritel, seperti bonus bicara atau flexicombo bagi pelanggan,” kata VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia.

Sumber Koran Jakarta yang menjadi salah seorang anggota  tim sukses dari seorang kandidat Capres mengungkapkan, pihaknya juga enggan untuk menggandeng oeprator secara langsung karena tidak mau dideteksi arah program komunikasinya. “Kami lebih senang SMS Person to Person. Jadi, dari operator itu yang dibutuhkan hanyalah penyediaan kualitas jaringan yang baik,” katanya.

Kinerja Kuartal II

Terlepas dari tidak adanya kerjasama langsung tersebut, secara keseluruhan operator telekomunikasi pada kuartal kedua tahun ini akan menunjukkan kinerja yang membaik ketimbang kuartal pertama pada tahun ini. “Perhitungan dari keuangan belum keluar. Tetapi prediksinya akan membaik,” kata Joy.

Joy mengatakan, fokusnya pada kuartal kedua ini adalah meretensi pelanggan agar tetap setia menggunakan XL selama liburan sekolah. “Biasanya kompetitor menawarkan program yang bisa mengakuisisi pelanggan lama. Nah, ini coba dibentengi,” katanya.

Program yang diluncrukan XL untuk menyambut libur sekolah adalah   isi ulang kartu  selama tiga kali dengan pulsa minimal  10 ribu rupiah sekali isi, akan mendapat bonus pulsa panggil dan SMS ke sesama XL beserta akses internet dengan total bonus setara  66.500 rupiah.

Senada dengan Joy, Teguh pun memprediksikan hal yang sama. “Kami memang sadar ada event Pilpres, tetapi sebenarnya yang lebih dibidik itu adalah liburan sekolah. Hal ini karena dari tahun ke tahun masa kuartal kedua selalu memiliki kontribusi besar ketimbang kuartal pertama,” katanya.

Teguh mengungkapkan, trafik suara Indosat  menunjukkan peningkatan sejak tanggal 7 Juni 2009, dimana puncak kenaikan terjadi pada tanggal 21 Juni 2009 dengan peningkatan trafik sebesar 17,8 persen  dibandingkan dengan trafik hari biasa di awal bulan Mei.

Sementara untuk trafik SMS, kenaikan mulai terjadi pada tanggal 6 Juni, dengan puncak peningkatan trafik terjadi pada tanggal 20 Juni sebesar 14,3 persen dibandingkan dengan trafik hari biasa di awal Mei, dengan total volume SMS pada hari tersebut 245,8 juta SMS.

Sedangkan untuk trafik data (2G dan 3G), peningkatan trafik terus berlanjut setiap hari, dimana trafik harian pada akhir Juni sebesar 14,45 terabyte per hari. Ini meningkat 27,46 persen jika dibandingkan trafik data pada awal Mei 2009. “Produk yang ditonjolkan selama libur sekolah  adalah IM3 dengan program IM3 online-nya,” kata Teguh.

Untuk diketahui, biasanya operator telekomunikasi selalu membagi jangka waktu satu tahun dalam beberapa tahap untuk mengeruk keuntungan. Tahap pertama adalah liburan sekolah, kedua masa Ramadhan dan Lebaran, serta libur akhir tahun.

Biasanya untuk liburan sekolah diharapkan berkontribusi sebesar 15 persen bagi total pendapatan satu tahun. Selanjutnya, bulan Ramadhan sekitar 35 persen dari total pendapatan. Dan libur akhir tahun menyumbang sebesar 25 persen bagi pendapatan satu operator selama satu tahun.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s