040709 Postel Hanya Berikan RIM Waktu 15 Hari

blackberry-boldJAKARTA– Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel) hanya  memberikan waktu selama 15 hari kalender mulai 1 Juli lalu bagi Research in Motion (RIM),  guna membuka layanan purna jual di Indonesia.

RIM adalah prinsipal perangkat BlackBerry asal Kanada yang memasarkan produk dengan pola kemitraan melalui operator lokal. Operator yang menjadi mitra RIM adalah Telkomsel, XL, dan Indosat. Selama ini jika ada kerusakan berat pada perangkat, mitra RIM mengirimkan perangkat ke Singapura.

“Sejak 1 Juli lalu, Postel telah mengirim surat ke mitra RIM dan importir umum terkait permintaan pembukaan layanan purna jual,” ujar Kepala Pusat Komunikasi dan Humas Depkominfo Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Jumat (3/7).

Diungkapkannya, pada Jumat (3/7) RIM bertemu dengan Dirjen Postel, namun tidak ada pembicaraan yang menghasilkan kemajuan berarti. “Mereka hanya menjelaskan posisi bisnis, kami hanya mendengarkan,” ujarnya.

Pejabat Rim yang datang adalah Government Relation RIM Jason Saunderson dan Adviser Legal Cosultant, Abadi Sisnadisastra dan Kedubes Kanada, Atase Kebudayaan Muller.

Ditegaskan Gatot, jika tenggat waktu terlewati, Ditjen Postel akan menghentikan pemberian sertifikasi untuk seluruh perangkat BlackBerry baik yang model baru maupun kiriman tambahan model lama setelah hari kelimabelas bulan ini.

Secara terpisah,  Kepala Pemasaran dan Merek Indosat Teguh Prasetya menilai kebijakan memaksa RIM membuka layanan purna jual hanya 15 hari kerja terlalu berat mengingat studi kelayakan saja belum selesai dikerjakan. “Sebagai mitra kami ikut saja kemauan pemerintah. Tetapi kalau melihat sisi bisnisnya, sepertinya berat hanya dalam 15 hari membuka layanan purna jual,” katanya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s