020709 Lolosnya Indosat Dipertanyakan

indosatJAKARTA—Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) mempertanyakan lolosnya Indosat dalam tahap prakualifikasi tender Broadband Wireless Access (BWA) yang diselenggarakan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo).

Menurut Direktur Kebijakan dan Perlindungan Konsumen LPPMI Kamilov Sagala, salah satu persyaratan tender secara tegas mengacu pada aturan Daftar Negatif Investasi (DNI) yang dipayungi oleh Keputusan Presiden (Kepres).

“Persyaratan teder mengatakan pemenang mendapatkan lisensi penyelenggara jaringan tetap berbasis packet switched sehingga kepemilikan saham asing tidak boleh lebih dari 49 persen. Nah, Indosat jelas sekali saham asingnya mencapai 65 persen,” katanya kepada Koran Jakarta, Rabu (1/7).

Masih menurut Kamilov, alasan dari penyelenggara tender yang menggunakan surat dari Kantor Menko Perekonomian untuk membolehkan Indosat tetap melaju karena beranggapan perusahaan itu terdaftar di bursa lokal masih bisa diperdebatkan. “Rasanya aneh, sebuah surat bisa mengalahkan Kepres. Seharusnya penyelenggara tender tidak perlu menggunakan itu sebagai referensi,” sesalnya.

Kamilov mengatakan, jika praktik semacam itu dibiarkan, wibawa regulator telekomunikasi bisa menurun mengingat bisa diintervensi oleh lembaga lainnya. “Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia dari unsur masyarakat harus menunjukkan sikapnya terhadap kebijakan ini. Jangan, malah larut mengurusi teknis tendernya. Jika tidak ada suaranya, berarti mereka tidak pro rakyat,” katanya.

Sebelumnya, Dirjen Postel Basuki Yusuf mengatakan, DNI tidak berlaku bagi perusahaan terbuka dan tercatat di bursa lokal. Aturan itu hanya berlaku bagi perusahaan tertutup. Tender BWA sendiri  menyisakan 21 peserta, dimana Indosat bersaing keras dengan Telkom dan   Konsorsium Wimax Indonesia (KWI) yang diisi oleh 20 perusahaan penyedia jasa internet. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s