300609 LPPMI Pesimistis Palapa Ring Terealisasi

JAKARTA–Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) pesimistis proyek mercu suar Palapa Ring akan bisa terealisasi tahun ini karena kondisi keuangan anggota konsorsium tidak mendukung di tengah krisis ekonomi.

“Saya pesimistis akan terjadi pencangkulan pertama pada Agustus nanti sesuai harapan Dirjen Postel. Jika melihat realita yang ada sekarang, bisa jadi hingga akhir tahun nanti tidak akan ada gerakan sama sekali dari anggota konsorsium,” ungkap Direktur Kebijakan dan Perlindungan Konsumen LPPMI, Kamilov Sagala kepada Koran Jakarta, Senin (29/6).

Menurut Kamilov, jika melihat kondisi tiga perusahaan yang tersisa di konsorsium, semuanya sedang mengalami masalah dengan kondisi keuangan. “Perusahaan yang tersisa itu kesannya saja masih ingin membangun, padahal sebenarnya menunggu pemerintah mengucurkan dana,” ketusnya.

Kamilov menyarankan, pemerintah mengambil alih kekurangan pemodalan dengan menggunakan dana USO atau meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki izin telekomunikasi untuk membangun Palapa Ring.

“Selain itu Depkominfo juga harus bekerjasama dengan departemen lain untuk masalah pendanaan. Tidak bisa semuanya dikerjakan sendirian,” katanya.

Palapa Ring adalah pembangunan serat optik di kawasan timur Indonesia. Awalnya proyek ini menelan investasi 220 juta dollar AS. Akibat krisis ekonomi, nilai investasi berkurang menjadi 150 juta dollar AS. Terakhir, salah satu anggota konsorsium, XL, mengundurkan diri sehingga menyisakan tiga anggota konsorsium yakni Telkom, Indosat, dan XL. Mundurnya XL membuat nilai investasi kembali menyusut menjadi 120 juta dollar AS.

Sedangkan menurut catatan, hingga akhir Maret lalu dana kontribusi USO yang tersedia mencapai 1,744 triliun rupiah.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s