160609 Pemegang Lisensi BWA Wajib Sewakan Jaringan

wimax-1JAKARTA—Pemegang lisensi Broadband Wireless Access (BWA) diwajibkan untuk menyewakan sebesar 20 persen dari kapasitas jaringannya untuk pihak ketiga.

“Tidak semua kapasitas dipakai sendiri oleh pemenang. Ada kewajiban untuk menyewakan,” ungkap Konsultan Ditjen Postel Bidang Regulasi Koesmarihati Koesnowarso kepada Koran Jakarta, belum lama ini.

Dikatakannya, kewajiban menyewakan tersebut akan membuka kesempatan bagi pemain yang tidak mendapatkan lisensi BWA untuk melakukan virtual network operation (VNO) sehingga aksesibilitas bisa digunakan secara bersama.

“Ini untuk menolong pemain yang kalah dalam tender sementara keadaan memaksa mereka membutuhkan layanan ini. Jadi, jangan berfikir pemerintah hanya ingin mencari untung dari lisensi ini,” katanya.

Koes mengatakan, jika para peserta merasa harga penawaran dasar yang ditetapkan oleh pemerintah kemahalan, semuanya secara kompak untuk tidak mengikuti  tender.”Jika demikian nantinya Ditjen Postel bisa bilang ke Depkeu kalau harganya kemahalan. Nah, setelah itu akan keluar harga baru. Tetapi, pertanyaanya apa benar itu yang diinginkan oleh para peserta,” ketusnya.

Koes juga menyakini tidak akan terjadi fenomena pasang harga tinggi dalam menawar satu zona nantinya karena peserta harus berhitung dengan realita lapangan terkait jasa broadband.”Apalagi tahun depan akan ada tender untuk standar mobile.  Ini beda dengan tender 3G dimana operator merasa jika tidak mendapatkan lisensi bisa kehilangan daya saing,”katanya.

Sebelumnya, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) membanderol harga frekuensi Broadband Wireless Access (BWA) untuk spektrum 2,3 GHz sebesar 52,35 miliar rupiah. Angka tersebut merupakan total harga dari 15 zona dimana satu zona ditawarkan dua blok frekuensi.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s