160609 Kabel Segera Laut AAG Beroperasi

fiberopticJAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memperkirakan pada bulan depan atau Agustus nanti kabel laut   Asia-America Gateway (AAG) akan segera beroperasi.

“AAG akan beroperasi bulan depan atau Agustus. Jika beroperasi, ini akan membantu bisnis broadband Telkom,” ujar Direktur Jaringan Telkom Ermady Dahlan, di Jakarta, belum lama ini.

AAG merupakan kabel laut dengan kapasitas 1,92 terabit per detik dan panjang 19.000 km yang menyambungkan Asia dengan Amerika yang dibangun oleh 19 persusahaan. Beberapa perusahaan tersebut adalah  Telkom, Indosat, dan   AT&T Corp (AS).

Kabel laut tersebut    menghubungkan langsung jalur Asia dan Amerika Serikat dengan persinggahan (landings) di Malaysia, Singapore, Brunei, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Philippines, Guam, Hawaii dan daratan AS.

Telkom berinvestasi sebesar  40 juta dollar AS agar bisa menjadi anggota konsorsium guna menggenjot kuota bandwidth internasional hingga 70 gigabit per detik (Gbps).

Ermady menjelaskan, bergabungnya Telkom dalam AAG  untuk mengatasi masalah keterbatasan bandwidth internasional di Indonesia. “Keterbatasan itu membuat daya saing   Indonesia dalam percaturan ekonomi dunia ikut terpengaruh. Telkom bertanggungjawab mengatasi ini,” katanya.

Ermady menjelaskan, layanan broadband milik Telkom  terus menunjukkan pertumbuhan pelanggan yang menjanjikan. Saat ini layanan  tersebut membidik pasar perumahan, korporasi, dan mobile.

“Sebagian dari belanja modal tahun ini memang untuk mengembangkan broadband. Telkom ingin mendorong konvergensi data, suara, dan video yang dikenal dengan triple play segera terwujud,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s