160609 Depkominfo Tahan Sertifikat A RIM

blackberry-boldJAKARTA–Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) memutuskan untuk menahan sertifikat A milik Reserach In Motion (RIM) mengingat sejauh ini belum ada komitmen dari penyedia perangkat BlackBerry itu membuka layanan purnajual di Indonesia.

Sertifikat A biasanya dibutuhkan oleh prinsipal untuk memasukkan varian baru dari produknya. RIM disebut-sebut mengajukan sertifikat A utk varian baru BlackBerry tipe Gemini.

“Kami memutuskan menahan dulu pemberian ijin bagi RIM. Tidak bisa berbisnis tanpa mengindahkan regulasi setempat. Purna jual itu wajib ada di Indonesia,” tegas Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI)Heru Sutadi seusai menerima delegasi RIM di Jakarta, Senin (5/6).

Dikatakannya,  RIM baru dalam tahap melakukan feasibility study dengan tujuan untuk mencari format yang tepat bagi pendirian kantornya di Indonesia secepat mungkin. Format yang dipilih.  dalam bentuk representative office, sales service atau service centre.

“Regulator tidak mau RIM lepas tangan terhadap perdagangan BlackBerry lain yang tidak melalui mitra mereka. Hak pelanggan harus dilindungi,” ketusnya.

Secara terpisah, praktisi telematika Ventura Elisawati mengatakan tidak pantas RIM menerapkan pola berbisnis yang sama di luar negeri dengan Indonesia.

“Pasar Indonesia banyak anomali. Seharusnya RIM menyesuaikan dengan dinamika lokal,” katanya.

Berdasarkan catatan, RIM telah menjual sekitar 25 juta BlackBerry ke 160 negara di dunia dimana menghasilkan pendapatan sekitar  11 miliar dollar AS bagi perusahaan asal Kanada itu.

Saat ini layanan purna jual BlackBerry di Indonesia melalui mitra RIM (Telkomsel, Indosat, XL, dan Axis). Layanan purna jual yang diperbolehkan dilakukan  jenis servis level 1 yakni memeriksa.  kerusakan di tingkat aplikasi dan firmware.

Jika ternyata kerusakan bukan di level 1, maka perangkat  harus dikirim ke RIM Singapura.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s