110609 Thaicom Garap Broadband Berbasis Satelit

satelitJAKARTA —Operator satelit asal Thailand , Thaicom, menawarkan layanan akses broadband internet berbasis satelit di Indonesia  dengan banderol harga 49 dollar AS per 1 MBps per bulan.

Berhasilnya anak usaha Shin Corp itu beraksi di Indonesia tak bisa dilepaskan dari keberhasilan mitra lokalnya, Infracom Telesarana, membangun gateway di Jakarta yang menelan investasi sekitar lima hingga enam juta dollar AS.

“Untuk tahap operator tersebut melalui satelit Thaicom 4 akan menyediakan kapasitas hingga 3,4 GBps yang mampu melayani  350 ribu pelanggan,” ujar Ceo Thaicom Arak Chonlatanon di Jakarta, Rabu (10/6).

Dikatakannya, selain mampu melayani broadband internet, satelit yang dimilikinya juga mampu sebagai backhaul bagi operator seluler dan teknologi Wimax. “Saya dengar Wimax akan masuk ke Indonesia . Ini bisa menjadi peluang bagi Thaicom,” katanya.

Komisaris Infracom Telesarana Sugiono Wiyono mengatakan, bisa beroperasinya satelit milik Thaicom di Indonesia karena perusahaanya telah mengantongi landing right dan memenuhi azaz resiprokal dari regulator.

“Kedua hal itu sudah dikantongi. Beroperasinya Thaicom membuat perusahaan lokal juga memiliki peluang untuk menggarap pasar broadband di Thailand. Sekarang tergantung operator Indonesia ingin menggarap atau tidak,” katanya.

Dijelaskannya, sebagai mitra Ifracom tidak hanya bertanggung jawab menjadi hosting dari stasiun bumi milik Thaicom di Indonesia tetapi juga memasarkan layanan. “Infracom sendiri lebih membidik pasar korporasi atau penyedia jasa internet. Soalnya jika dipasarkan ke ritel tantangannya di perangkat untuk konsumen yang agak mahal,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s