300509 Telkom Beli Saham Infomedia 49%

JAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) telah membeli saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) sebesar 49 persen belum lama ini.

VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia menjelaskan,  Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Shares Sales and Purchase Agreement/CSPA dilakukan melalui anak usaha  PT. Multimedia Nusantara (Metra) yang membeli 49 persen saham PT Elnusa Tbk di Infomedia.

“Aksi korporasi ini  diharapkan dapat memperkuat posisi Telkom Group di bidang jasa pelayanan informasi telekomunikasi, contact center,  dan memperkuat sinergi di lingkungan Telkom Group. Penyelesaian transaksi ini diharapkan dapat selesai pada akhir Agustus 2009.,” katanya di Jakarta , Jumat (29/5).

Nilai dari transaksi sendiri tidak disebutkan mengingat masih dalam tahap negosiasi.”Pastinya kami sudah memiliki kepastian penyelesaian transaksi,” katanya.

Selanjutnya Eddy mengatakan, aksi korporasi ini membuat kepemilikan saham Telkomgrup di Infomedia menjadi 100 persen dan akan memperkuat posisi Metra sebagai penyedia jasa informasi telekomunikasi. “Ke depan Metra akan dijadikan Holding bagi anak usaha seperti Finnet dan Infomedia. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kontribusi Metra bagi indusk usaha yang masih kecil,” katanya tanpa menyebut besaran kontribusi.

Infomedia adalah perusahaan yang bergerak  di bidang pelayanan jasa informasi telekomunikasi. Infomedia telah menjadi pemain utama dan satu-satunya di industri pelayanan telekomunikasi dan data di Indonesia .

Infomedia aktif dalam melayani pemberian data untuk kegiatan bisnis ataupun rumahan, memberikan informasi atas nomor telepon, mendistribusikan data dan informasi kepada pelanggannya di Indonesia, baik dalam bentuk data elektronik, barang cetakan, suara, gambar dan data yang komprehensif lainnya.

Sebagian besar klien Infomedia adalah perusahaan telekomunikasi. Di masa yang akan datang, Infomedia akan memperkuat posisinya sebagai perusahaan jasa informasi telekomunikasi dan data center.

Telkom semakin agresif melakukan penggunaan sumber daya jaringan, pemasaran, dan layanan (shared service), secara bersama oleh kelompok usaha Telkom untuk efisiensi.
Langkah ini  diyakini bisa menghemat biaya pembangunan lewat capital expenditure (capex) dan operasional (opex), juga ikut menggenjot pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Sejak dimulai 2006 lalu, total nilai sinergi Telkom Group yang bisa dihitung sampai dengan akhir 2008 mencapai 3,5 triliun rupiah. Jika ditotal sampai saat ini nilainya bahkan bisa mencapai 4 triliun rupiah.

Salah satu contoh sinergi adalah menggandeng Finnet yang juga grup sendiri untuk melakukan penagihan.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s