290306 Telkom Lebih Serius Garap Jasa Data

logo_telkomJAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan lebih serius menggarap pasar layanan data untuk mempertahankan pertumbuhan pendapatannya.

“Tren ke depan operator memang harus banyak bermain di data. Kami sudah mempersiapkan beberapa produk. Salah satunya adalah Speedy yang telah siap dengan akses broadband data,” ujar Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G Wiryanata di Jakarta, Kamis (28/5).

Berdasarkan catatan, jasa Speedy telah memiliki  satu juta pelanggan dan berhasil berkontribusi pada pendapatan perseroan melewati angka dua digit atau sekitar 11 persen. Telkom sendiri mencoba realistis dengan mengharapkan pertumbuhan pendapatan perseroan hanya single digit.

Diungkapkan Nyoman, langkah kejutan yang dipersiapkan oleh Telkom untuk meningkatkan penetrasi Speedy adalah dengan menyiapkan program bundling penjualan Speedy bersama netbook. Netbook adalah piranti komputer jinjing yang memiliki berat ringan dan dibekali dengan akses internet melalui WiFi.

“Ini merupakan taktik memudahkan pelanggan mendapatkan perangkat agar jaringan Speedy tetap digunakan. Program ini akan diluncurkan tak lama lagi mengingat kompetitor sedang merancang strategi yang sama,” katanya.

Selain memaksimalkan jasa data, Nyoman mengatakan, Telkom semakin agresif melakukan penggunaan sumber daya jaringan, pemasaran, dan layanan (shared service), secara bersama oleh kelompok usaha Telkom untuk efisiensi.
Langkah ini  diyakini bisa menghemat biaya pembangunan lewat capital expenditure (capex) dan operasional (opex), juga ikut menggenjot pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Sejak dimulai 2006 lalu, total nilai sinergi Telkom Group yang bisa dihitung sampai dengan akhir 2008 mencapai 3,5 triliun rupiah. Jika ditotal sampai saat ini nilainya bahkan bisa mencapai 4 triliun rupiah.

“Salah satu contoh sinergi yang kami lakukan adalah menggandeng Finnet yang juga grup sendiri untuk melakukan penagihan. Ini bisa menghemat biaya operasional perusahaan karena Telkom memiliki banyak kantor layanan,” tuturnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s