280509 Perangkat Lokal Siap Layani Teknologi BWA

wimax-1JAKARTA–Penyedia perangkat lokal menyatakan siap melayani operator pengusung teknologi Broadband Wireless Access (BWA) meskipun banyak pihak menyangsikan kualitas produknya.

“Produk lokal mampu melayani pemenang lisensi BWA nantinya. Tidak ada masalah. Berbagai ujicoba telah dilewati untuk mendapatkan sertifikat,” tegas Direktur Utama TRG Sakti Wahyu Trenggono kepada Koran Jakarta, Rabu (27/5).

Dikatakannya, sebelum perangkat lokal mendapatkan kepercayaan dari industri, produknya telah diuji di Risti Telkom dan mendapatkan sertifikat, serta  lolos tes di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Trenggono meminta, pihak-pihak yang tidak percaya akan kemampuan dari produk lokal untuk memberikan kesempatan membuktikan diri dan tidak prematur menjatuhkan prasangka mengerdilkan hasil kreasi anak bangsa.

“Sekarang lagi heboh tentang hidup berdikari. Depkominfo sudah memberikan kesempatan, kenapa tidak didukung? Seharusnya komponen bangsa ini kompak,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi menilai PT Hariff Daya Tunggal Engineering dan PT Teknologi Riset Global (TRG) sebagai perusahaan yang memenuhi ketentuan perangkat lokal dari Depkominfo belum siap menyediakan perangkat BWA di pita 2,3 GHz.

Departemen tersebut meminta kedua perusahaan untuk melakukan riset dan pengembangan lebih mendalam jika ingin berbicara banyak.

Masih menurut departemen tersebut, ketidaksiapan kedua perusahaan lokal itu  terlihat pada saat uji coba perangkat  di Puspitek Serpong, belum lama ini.

Perangkat base station dari Hariff dan TRG hanya bisa menjangkau 15 customer premises equipment (CPE) dengan daya jangkau sampai 6 km.

Sementara  WiMax Forum mensyaratkan dalam satu base station bisa menjangkau minimal 100 CPE.[dni]

1 Komentar

  1. wimax emang bagus karene bisa menggantikan jaringan nirkabel dan juga 3g.

    kapan wimax bisa jalan di negara kita ya.memang tidak mudah untuk sesuatu yang untuk menuju yang lebih baik lagi. mari kita terus memulai sesuatu yang baru baru biar kita gak makin ketinggalan.

    mantabbb …..

    salam suksesss


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s