280509 Pemangkasan Subsidi BBM : Pelni Siapkan Beberapa Langkah Antisipasi

kapal-lautJAKARTA–PT Pelni menyiapkan beberapa langkah antisipasi jika negara merealisasikan langkah memangkas subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 10 persen.

“Kami telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi agar penyediaan transportasi murah bisa terjaga,” ujar Direktur Utama Pelni Jusabella Sahea kepada Koran Jakarta, Rabu (27/5).

Dikatakannya, langkah yang telah dipersiapkan adalah pengurangan produksi untuk memangkas biaya BBM, peningkatan Public Service Obligation (PSO) untuk mempertahankan produksi, serta mengaji besaran tarif ekonomi dan bisnis.

Meskipun telah menyiapkan berbagai langkah, Jusabella menyakini, negara tidak akan memangkas subsidi BBM karena yang menggunakan sumber daya bersubsidi tersebut bukan hanya Pelni tetapi seluruh perusahaan pelayaran yang melayani rute dalam negeri untuk mengangkut penumpang, kendaraan, dan barang-barang konsumsi.

Berkaitan dengan perhitungan yang dilakukan oleh BP Migas bahwa konsumsi BBM dari Pelni tidak akan sebesar tahun lalu, Jusabella mengakui, penurunan akibat efisiensi yang dilakukan perseroan.

Contohnya, kapal harus menggunakan putaran ekonomis dan kecepatan yang diatur . “Ini bertujuan untuk efisiensi jumlah PSO Pelni,” katanya.

Sebelumnya, Menhub Jusman Syafii Djamal menegaskan, akan menolak usulan BP Migas memangkas subsidi BBM kepada Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro karena bisa mengancam keterjangkauan angkutan transportasi masssal.

“Usulan itu belum masuk ke rapat kabinet. Saya akan minta menteri ESDM untuk menolaknya,” tegasnya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s