230509 Penjualan Ponsel Turun 25 Persen

hp-nokia-3gJAKARTA– Penjualan ponsel di pasar lokal selama kuartal pertama tahun ini mengalami penurunan sebesar 25 persen jika dibandingkan periode kuartal ketiga 2008.

Tercatat, selama kuartal ketiga tahun lalu setiap bulannya vendor ponsel berhasil menjual 2,1 juta unit ponsel, sementara selama kuartal pertama 2009 angka itu mengalami penurunan sebesar 525 ribu unit.

“Kuartal ketiga adalah puncak penjualan tertinggi setiap bulannya karena ada Lebaran. Periode kuartal pertama mengalami penurunan karena ada krisis ekonomi dan turunnya nilai rupiah,” ungkap Product Manager LG Mobile Communication Indonesia, John Halim di Jakarta, Jumat (22/5).

Diungkapkannya, jenis ponsel yang laris di pasar adalah dengan harga satu juta rupiah. Jenis ini menguasai 60 persen penjualan selama kuartal pertama tahun ini. “Untuk yang dilepas sekitar 500 ribu rupiah menguasai 40 persen pasar,” katanya.

John mengatakan, LG yang bermain di pasar harga satu hingga dua juta rupiah juga mengalami penurunan penjualan meskipun tidak sebesar yang terjadi di pasar. “Ada penurunan, tetapi tidak sebesar industri,” katanya.

Selanjutnya John mengatakan, melihat perkembangan nilai tukar rupiah yang mulai menguat, penjualan ponsel pada tahun ini akan sama dengan tahun lalu.”Bisa dikatakan tidak ada pertumbuhan. Prediksi total penjualan sama dengan tahun lalu yakni sekitar 21 juta unit laku terjual,” tuturnya.

GM LG Mobile Communications Indonesia Usun Pringgodigdo menambahkan, segmen yang masih tumbuh adalah jenis ponsel musik. “Segmen ini lumayan besar karena masyarakat suka pada hiburan. Karena itu kami meluncurkan seri GM 200 yang bermain di segmen tersebut,” katanya.

Berkaitan dengan segmen smartphone, John mengatakan, pada Juli nanti akan mengeluarkan seri GM 730 yang dilengkapi sistem operasi Windows Mobile 6.1. “Meskipun BlackBerry sedang menggila penjualannya, tetapi pasar smartphone berbasis Symbian atau Windows mampu bertahan,” katanya.

Hal ini karena di pasar masih banyak pengguna yang menggunakan BlackBerry untuk fashion.”Fungsi BlackBerry tidak banyak dioptimalkan penggunanya. Sementara pengguna berbasis Windows itu sudah terbiasa dalam mengoptimalkan fitur,” jelasnya.

Saat ini LG mobile di pasar global tercatat berada di posisi ketiga di bawah Nokia dan Sony Ericsson. Sedangkan di pasar lokal, pabrikan dari Korea tersebut berada di posisi keempat setelah Samsung.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s