120509 SKTT Mulai Diawasi Bulan Depan

telepon-teleponJAKARTA—Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan mulai mengawasi jalannya Sistem Kliring Trafik Telekomunikasi (SKTT) versi baru pada Juni nanti.

“Belum lama ini sudah dijalankan kick off meeting antara para operator, regulator, dan Pratama Jaring Nusantara (PJN). Bulan depan kita akan awasi jalannya uji coba sistem baru ini,” ungkap Anggota Komite BRTI M. Ridwan Effendi kepada Koran Jakarta belum lama ini.

SKTT merupakan sistem kliring yang telah diagendakan oleh pemerintah sejak 2004 lalu untuk menggantikan sistem otomatisasi kliring interkoneksi (SOKI) milik operator. Dalam skema terbaru SKTT, regulator menjadi   pengawas, sedangkan untuk pelaksanaanya diserahkan pada operator yang meng-outsourcing pekerjaan tersebut pada PJN.

SKTT rencananya akan dijadikan pemerintah sebagai mekanisme check and balance untuk memverifikasi data trafik kliring operator. Data tersebut nantinya akan menjadi acuan dari pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan makro telekomunikasi seperti penetapan tarif dan lain sebagainya. Hal ini karena dalam SKTT akan tergambar pola trafik, interest tarif, dan intensitas panggilan di suatu daerah.

Faktor lain yang lebih penting,   data SKTT dapat dimanfaatkan oleh  Ditjen Pajak   sebagai bahan verifikasi pembayaran pajak oleh operator ke negara.

Ridwan mengharapkan operator dalam memberikan data secara konsisten  dan terpenting merupakan Call Data Record (CDR) mentah. “Idealnya yang diberikan haruslah   data mentah bukanlah yang sudah diolah,” tegasnya.

Ridwan mengeluhkan, belakangan ini semacam ada perilaku dari operator yang menahan memberikan data ke regulator karena adanya ketakutan data tersebut dibocorkan. “Mungkin karena sekarang eranya anggota komite baru. Jadi, masih butuh waktu untuk saling percaya,” keluhnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s