080509 Telkomsel Tingkatkan Kapasitas Jaringan

JAKARTA–Telkomsel meningkatkan kapasitas jaringannya untuk wilayah Jawa-Makassar-Ambon-Papua hingga 930 Mbps dalam upaya menggelar High Performance Broadband Network di ketiga wilayah itu.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, manajemen menggunakan transmisi Satelit Intermediate Data Rate (IDR) dari Metra untuk meningkatkan kapasitas mengingat tidak adanya link transmisi Fiber Optic dan Terrestrial yang mendukung di wilayah itu.

“Langkah ini dilakukan untuk menjadikan Telkomsel sebagai Network Broadband di Indonesia,” katanya di Jakarta, Kamis (8/5).

Diungkapkannya, sebelumnya kondisi koneksi dari Jawa ke wilayah Indonesia Timur menggunakan transmisi satelit IDR dengan tipe koneksi berbasis E1. Karena kebutuhan kapasitas yang sangat besar maka Telkomsel menggelar tipe koneksi bundling STM-1 (Synchronuse Transfer Mode 1).

Untuk diketahui, satu STM-1 setara dengan 63 E1 atau 155 Mbps. ” Program peningkatan kapasitas ini telah dimulai sejak Juli 2008 dan selesai April 2009,” katanya.

Secara terpisah, VP Telkomsel Area Jabodetabek-Jabar Irwin Sakti mengungkapkan selama kuartal pertama tahun ini berhasil menambah dua juta pelanggan baru.

“Ini menjadikan pelanggan di Area ini menjadi 17 juta pelanggan. Penambahan pelanggan terjadi karena Telkomsel mulai fokus pada segmen komunitas,” katanya.

Dikatakannya, komunitas terbaru yang digarap adalah para fans klub sepakbola Persija yang tergabung dalam “JakMania”.

“Kami menyediakan lima ribu unit
ponsel merek D-one yang dibranding dengan produk simPati bagi Jakmania,” katanya.

Irwin mengatakan, bagi JakMania yang membeli produk tersebut akan mendapatkan banyak konten seputar Persija. “Ini taktik dagang baru. Kami dapat trafik dan sharing dari konten yang digunakan. Jadi, kita tidak jualan nomor saja,” jelasnya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s