050509 Operator Aktif Urus Menara

menara-lagiJAKARTA—Operator membantah tudingan selama ini tidak aktif mengurusi menara yang dibangunnya dan lebih mempercayakan kepada kontraktor yang ditunjuk.

“Tidak tepat jika ada tudingan yang mengatakan  operator tidak terlibat dalam pengurusan menara,” ujar Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Dian Siswarini kepada Koran Jakarta, Senin (3/5).

Diakuinya, untuk membangun satu menara operator menyerahkannya ke   kontraktor sebagai pelaksana karena  tidak mempunyai sumber daya  untuk melakukan hal itu mengingat pembangunan menara bukan merupakan core business atau core activity dari operator selular.

Namun,  untuk hubungan khusus dengan  pemerintah daerah, operator membentuk tim  goverment relation group yang berfungsi secara aktif dan kontinyu menjaga, serta membangun hubungan antara operator dengan Pemda.

“Permintaan ijin bangun per menara walaupun dilakukan oleh kontraktor tapi dalam koridor hubungan yang dibangun tim government relation  operator dengan Pemda. Bahkan Peraturan daerah yang dikeluarkan pemda pun kita dilibatkan untuk masalah menara. Jadi, tidak benar tudingan kita mengabaikan masalah menara,” tepisnya.

Pada kesempatan lain, Chairperson Lembaga Riset Telematika Sharing Vision Dimitri Mahayana menilai   operator seluler  kurang terlibat dalam pengurusan menara  sehingga konflik sosial terkait hal itu  terus terjadi.

Menurut Dimitri, mayoritas operator sejak awal sangat mengandalkan kontraktor  saat membangun menara. Para kontraktor tersebut  menggunakan pendekatan jalan pintas yakni menara bisa cepat digunakan operator, tanpa mempertimbangkan kesiapan regulasi dari pemda apalagi situasi masyarakat sekitar lokasi BTS.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s