210409 Penyedia SLI Diminta Transparan

telepon meneleponJAKARTA—Penyedia jasa Sambungan Langsung Internasional (SLI) diminta untuk transparan dengan teknologi yang diusungnya dalam menyelenggarakan layanan tersebut.

Selama ini untuk menggelar jasa SLI ada dua teknologi yang ditawarkan oleh operator yakni Voice Over Internet Protocol (VoIP) dan clear channel. Kualitas dari VoIP biasanya di bawah clear channel mengingat menggunakan internet protocol sehingga tidak real time. Penyelenggara clear channel di Indonesia berikut kode aksesnya adalah Telkom (007), Indosat (001), dan Bakrie Telecom (009).

“Penyelenggara SLI itu harus jujur ke pengguna. Jika menggunakan VoIP jangan diklaim pakai clear channel. Soalnya tarif keduanya berbeda jauh. Kalau ini dilakukan pelanggan yang dirugikan,” ujar Anggota Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo kepada Koran Jakarta, Senin (20/4).

Dikatakannya, seiring semakin canggihnya teknologi dari VoIP, perbedaan kualitas dengan clear channel tidak bisa dirasakan oleh pelanggan saat ini. Hal ini berujung pada adanya permainan oleh operator dengan menawarkan tarif clear channel padahal yang digunakan adalah VoIP.

Permainan lain yang digunakan oleh operator adalah dengan menggunakan teknolgi clear channel untuk panggilan originasi (trafik menjelang Sentra Gerbang Internasional/SGI), tetapi ketika di terminasi alias untuk menuju negara tujuan menggunakan VoIP. Akibat dari permaianan tersebut operator untung besar mengingat perbedaan tarif clear channel dengan VoIP bisa mencapai 75 persen.

“Seharusnya regulator lebih cepat mengeluarkan aturan kualitas layanan minimum untuk jasa tersebut. Jika tidak, susah melakukan pengukurannya,” katanya.

Sebelumnya, Bakrie Telecom menghentak pasar SLI clear channel dengan membanting harga 77 persen dari tarif yang berlaku. Banyak pihak curiga pemilik merek dagang Esia tersebut menerapkan pola banci yakni originasi dengan clear channel, sementara terminasi memakai VoIP. Hal ini mengingat kualitas VoIP di luar negeri sudah setara dengan clear channel.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s