210409 KPPU Putuskan Peserta Tender MFO-Nisasi PLTD Tenau Bersalah

logo-kppuJAKARTA–Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memutuskan semua peserta tender material persiapan MFO-nisasi mesin PLTD Tenau PT PLN (Persero) wilayah NTT pada dua tahun lalu secara menyakinkan melanggar pasal 22 UU No 5/99 tentang persaingan usaha  tidak sehat.

Pasal tersebut menyebutkan pelaku usaha dilarang bersengkongkol dengan pihak lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.

Enam pelaku tender dihukum dan diharuskan membayar denda yakni terlapor I PT Mitra Megatama Perkasa untuk membayar denda sebesar dua ratus juta rupiah, terlapor II CV Sumitama membayar denda 250 juta rupiah, terlapor III CV Mitra Terang Abadi membayar denda sebesar 160 juta rupiah,  terlapor IV CV terang Terus membayar denda sama dengan terlapor III.

Selanjutnya, terlapor XII yakni panitia pelelangan dan pemilihan langsung pekerjaan pengadaan barang PT PLN wilayah NTT cabang Kupang dan terlapor XIII Ir. Willer Marpaung, Manajer PT PLN cabang Kupang membayar denda sebesar 250 juta rupiah.

Sedangkan kesebelas peserta tender tidak diperkenankan untuk mengikuti tender selama satu tahun di wilayah PT PLN wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kesebelas peserta tender adalah PT Mitra Megatama Perkasa, CV Sumitama, CV Mitra Terang Abadi, CV Terang Terus, CV inter Dewata, CV Megatama, CV Dinamika Diesel Electro, CV Sumber Terang, CV Timor Mekar, Cv Anugerah Timor, dan Timor Perkasa.

Ketua Majelis Komisi Tresna P Soemardi mengatakan dari hasil pemeriksaan lanjutan terbukti ada persengkongkolan horizontal dan vertikal.

“Terdapat indikasi afiliasi, komitmen bersama dan kesengajaan tidak memasukkan penawaran yang berujung pada persengkongkoan horizontal,” katanya di Jakarta, Senin (20/4).

Sedangkan untuk persengkongkolan vertikal, lanjutnya, terdapat pemecahan paket dan  terbatasnya perusahaan yang diundang.

Meskipun telah memutuskan peserta dan pelaksana tender bersalah, namun untuk alat yang telah dijalankan tidak ada perintah untuk ditarik atau ditender ulang.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s