160409 Koperasi Butuh Akses Telekomunikasi

koperasiJAKARTA—Koperasi di Indonesia membutuhkan akses telekomunikasi di luar jasa suara dan SMS untuk memajukan bisnisnya.

“Kebutuhan yang mendesak di Koperasi itu adalah data. Jika ini disediakan oleh operator telekomunikasi akan memajukan sektor riil. Hal ini sudah terbukti di Korea,” kata Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Adi Sasono di Jakarta, Rabu (15/4).

Dikatakannya, di negeri ginseng tersebut peningkatan akses telekomunikasi sebesar satu persen bisa meningkatkan sektor riil sebesar tiga persen. “Di Indonesia bisa terjadi dua kali lipat pertumbuhan sektor riil. Hal ini karena koperasi banyak di pedesaan sehingga jika ada akses telekomunikasi yang masuk akan signifikan mengangkat bisnis koperasi,” katanya.

Dikatakannya, saat ini anggota koperasi di Indonesia terdapat sebanyak 35 juta jiwa, dimana 190 ribu merupakan koperasi primer dan 560 ribu koperasi kelompok tani. “Angka itu belum termasuk penghasil jagung, sayur, kedelai, dan kelapa sawit,” katanya.

Pada kesempatan sama, Direktur Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengaku siap untuk menggarap segmen koperasi mengingat perseroan baru saja memenangkan tender telepon desa. “Kami siap untuk membuka akses telekomunikasi di pedesaan. Kita harapkan 21 juta anggota Dekopin di daerah terpencil akan menjadi pelanggan Telkomsel,” katanya.

Sarwoto mengatakan, layanan yang akan diberikan adalah pascabayar HALO Koperasi Closed Group, T-Cash & Remittance, push email, dan layanan untuk pengembangan komunitas koperasi di daerah terpensil.

“Layanan yang akan terasa manfaatnya selain internet adalah pengiriman uang melalui ponsel atau dompet digital. Jasa yang dikenal dengan nama T-Cash tersebut akan membuat anggota koperasi yang tidak memiliki rekening bank bisa bertransaksi,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s