270309 Dephub Ketatkan Pengawasan Pesawat Tua

logo-dephubJAKARTA —Departemen Perhubungan akan mengetatkan pengawasan terhadap pesawat-pesawat berusia tua untuk meningkatkan kualitas maskapai penerbangan Indonesia .

”Langkah ini diambil menyusul banyaknya insiden yang melibatkan pesawat-pesawat tua,” kata Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal di Jakarta, belum lama ini.

Menhub menambahkan, pengecekan mendalam terhadap pesawat-pesawat yang mengalami masalah menjadi salah satu agenda pokok dalam program peningkatan pengawasan yang disebutkannya itu.

Menhub meminta setiap maskapai untuk meningkatkan prosedur dan intensitas perawatan pesawat, khususnya pesawat-pesawat yang tergolong berusia tua. Karena menurutnya, kelaikan terbang sebuah pesawat udara tidak dipengaruhi oleh usia dan frekwensi terbang, meski dari sisi operasional dinilai kurang efisien bila dibandingkan dengan pesawat berusia lebih muda.

Beberapa kasus yang melibatkan pesawat tua belum lama ini seperti dialami maskapai Sriwijaya Air dan Lion Air.

Menurut Menhub, dirinya telah meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi dan investigator Direktorat Kelaikan Udara dan Pengawasan Pesawat Udara (DKUPPU) Direktorat Perhubungan udara Dephub untuk melakukan penyelidikan terhadap dua maskapai.

Jika dari penyelidikan kedua institusi itu ditemukan ketidakberesan yang menyangkut hal teknis, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menghentikan sementara operasi pesawat yang bersangkutan.

Pada kesempatan lain, Juru bicara Departemen Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pihaknya akan melakukan inspeksi terhadap bengkel-bengkel pesawat skala menengah keci yang ditengarai sering melakukan perawatan pesawat tanpa memenuhi standar penerbangan.

“Dalam satu atau duabulan ke depan, akan ada pemeriksaan,” kata Bambang.

Bengkel skala kecil selama ini merupakan tempat perawatan komponen pesawat

yang belum memiliki sertifikat perawatan resmi maupun bengkel resmi skala menengah kecil bersertifikat, nemun kerap melakukan perbaikan di luar spesifikasi yang diizinkan.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s