270309 Belanja Iklan Meningkat 20 %

JAKARTA—Belanja iklan diperkirakan akan mencapai 27,6 triliun rupiah atau meningkat 10 hingga 20 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 23 triliun rupiah.

Sekretaris Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jakarta, Ricky Pesik menjelaskan, tetap naiknya belanja iklan meskipun kondisi krisis ekonomi menghantam Indonesia dipicu oleh adanya kegiatan kampanye partai politik dan biaya iklan yang terus naik.

“Kedua hal itu memicu tetap terjadi pertumbuhan belanja iklan. Belajar dari kegiatan kampanye 1999 dan 2004, saat itu belanja iklan naik karena adanya kampanye. Diperkirakan pada akhir tahun nanti, iklan partai politik bisa menduduki posisi tiga besar,” katanya di Jakarta , Rabu ( 26/3).

Selain iklan partai politik, lanjutnya, produk lainnya yang bisa menduduki tiga besar adalah telekomunikasi dan consumers goods. “Apalagi sekarang kawasan Asia Pasifik mulai dilirik sebagai altrenatif pasar setelah kawasan Amerika dan Eropa dilanda krisis,” katanya.

Kondisi tersebut membuat industri periklanan Indonesia mendapat peluang baru tertutama dalam menggarap iklan. Hal ini karena adanya aturan yang mengharuskan iklan dibuat oleh tenaga lokal. “Kita sudah banyak mengeskpor tenaga kreatif seperti copy writer dan art director. Dan baru-baru ini tiga biro iklan Indonesia mendapatkan penghargaan di ajang Asia Pacific Advertising. Itu sudah membuktikan Indonesia mampu berbicara di industri ini,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s