250309 Stimulus Perhubungan Terancam Molor

JAKARTA —Departemen Perhubungan (Dephub) memperkirakan stimulus untuk sektor perhubungan bisa mundur dari jadwal karena belum adanya kejelasan surat daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) stimulus dari Departemen Keuangan.

Menteri Perhubungan Jusman Safii Djamal mengatakan, kajian program-program yang diusulkan kementrian dan lembaga berada di Departemen Keuangan. “Sampai batas yang disepakati, pada 18 Maret, usulan program proyek stimulus dibahas di situ,” katanya di Jakarta , Selasa (24/3).

Dikatakannya, pembahasan di Departemen Keuangan itu, dilakukan bersama dengan Panitia Anggaran dan komisi teknis. Pada proses ini, akan diputuskan proyek mana saja yang bisa ditetapkan dalam paket stimulus. “Artinya sesuai hak bujet DPR, ada proyek di daerah X dan Y, yang mungkin bisa memperoleh dana atau tidak,” paparnya.

Setelah pembahasan, dikatakannya, seharusnya Departemen Perhubungan menerima DIPA. “Tetapi sampai saat ini, kami belum terima,” ujarnya.

Berdasarkan catatan, Dephub mendapat alokasi dana sebesar 2,2 triliun rupiah dari alokasi stimulus tambahan di APBN sebesar 12,2 triliun rupiah. Jumlah ini lebih kecil dari yang diajukan, yaitu sebesar 3 triliun rupiah.

Angka tersebut mengalami penyusutan karena ada beberapa proyek yang tidak sesuai dengan alokasi. Proyek yang tidak sesuai itu, antara lain pembangunan dermaga senilai 58 miliar rupiah. Akibatnya, dari total stimulus 2,2 triliun rupiah, masih harus dikurang lagi 58 miliar rupiah.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s