240309 SMS Premium, Regulator Melunak

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mulai melunak terhadap para penyedia konten yang tergabung dalam Indonesia Mobile Content and Online Content Provider Association (IMOCA) terkait keberatan organisasi tersebut diterapkannya Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi dan pendaftaran izin layanan ke regulator.

“Sudah terjadi pertemuan dengan Ketua BRTI atau Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar minggu lalu. Prinsipnya ada titik temu untuk kedua masalah yang diatur dalam Permenkominfo No 1/2009 tentang SMS/MMS Premium itu,” ungkap Sekjen Imoca Sapto Anggoro kepada Koran Jakarta , Senin (23/3).

Dikatakannya, masalah BHP akan didiskusikan selanjutnya dengan mendengarkan paparan dari Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) tentang pola penarikan BHP yang terjadi selama ini. “Penarikan BHP melalui penyedia konten itu justru merugikan pemerintah jika ada yang nakal. Sebaiknya tidak diubah polanya melalui operator. Sukurlah pak Dirjen memahami hal ini,” katanya.

Berkaitan dengan kewajiban untuk melaporkan izin nantinya para penyedia konten hanya menyampaikan nama perusahaan, penanggungjawab, nomor CS, nomor pendek (short code), tanpa harus menunjukkan layanan detail. “Tidak perlu setiap layanan dilaporkan. Dan batas waktu 8 April untuk melapor terakhir pun sepertinya akan diundur,” katanya.

Secara terpisah, Anggota BRTI Heru Sutadi mengaku tidak melunak terhadap tuntutan Imoca. “Masih banyak yang harus diklarifikasi terlebih dulu dengan ATSI, khususnya soal BHP. Sedangkan untuk pendaftaran, disetujui dipermudah,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s