240309 April, Telepon Desa Mulai Dibangun

telpondesa2Pemenang lima paket pengerjaan telepon desa, Telkomsel, berencana akan mulai pembangunan proyek tersebut secara serentak pada April nanti.

“April nanti akan dimulai semuanya secara serentak. Sekarang kita sedang melaksanakan tender pengadaan very small aperture terminal (VSAT) dulu untuk proyek tersebut,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, di Jakarta, Senin (23/3).

Dikatakannya, untuk lima paket pengerjaan tersebut Telkomsel membutuhkan sekitar tujuh hingga delapan ribu Vsat. Sedangkan sisanya akan ditutup oleh repater dan Base Transceiver Station (BTS) Pico-IP.

Perusahaan penyedia Vsat yang telah terdaftar untuk pengadaan infrastruktur tersebut telah mencapai 18 perusahaan, diantaranya adalah Patrakom dan Jasone. “Kami hanya butuh Vsat-nya. Sedangkan satelit menggunakan milik induk perusahan atau Telkom,” katanya.

Berdasarkan catatan, Telkomsel menganggarkan dana sebesar 600 miliar rupiah untuk pembangunan program USO. Sedangkan untuk pengoperasian selama lima tahun dibutuhkan dana sebesar 2,5 triliun rupiah.

Pada kesempatan lain, Direktur Keuangan XL Willem Lucas Timmermans mengungkapkan, XL siap menyertakan modalnya untuk menjalankan proyek Palapa Ring jika penandatanganan dengan vendor jaringan dilakukan pada tahun ini.

“Jika dilakukan penandatanagan tahun ini tidak semua kewajiban harus diselesaikan saat itu juga. Pembayarannya kan bertahap. Karena itu kami sanggup menyelesaikan kewajiban pada konsorsium,” tegasnya.

Berdasarkan catatan, XL memiliki kewajiban sekitar 13,3 persen dari total 150 juta dollar AS nilai investasi membangun serat optik bawah laut yang menjadi tulang punggung telekomunikasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu.

Saat ini konsorsium Palapa Ring sedang dalam tahap pemilihan vendor jaringan antara NEC Corporation, NSW Fujitsu, dan Alcatel-Lucent.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s