180309 Produsen Naikkan Harga Jual

Produsen otomotif mulai melakukan penyesuaian harga jualnya guna mengantisipasi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Biasanya produsen itu malu-malu untuk mengatakan harga jualnya naik. Tetapi kondisi seperti ini memaksa harga harus dinaikkan,” kata Presiden Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Selasa (17/3).

Diungkapkannya, untuk menyesuaikan dengan melemahnya nilai rupiah, pelaku usaha menaikkan harga jualnya sekitar tiga hingga lima persen dari yang berlaku sebelum krisis. “Paling maksimum penyesuaian itu sebesar 10 persen,” katanya.

Secara terpisah, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, dampak krisis belum mempengaruhi penjualan kendaraan roda empat di perusahaannya. “Dua bulan pertama di 2009 kami mampu menjual 27.300 unit di pasar retail,” katanya.

Gunadhi mengatakan, guna mengatasi krisis ekonomi industri meminta pemerintah secepatnya memberikan stimulus kepada sektor tersebut. Stimulus bisa berupa keringanan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan penurunan suku bunga pinjaman.

“NJKB turun akan membuat masyarakat meningkat daya belinya. Sedangkan penurunan suku bunga bisa memacu perilaku konsumtif untuk membelli motor,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s