170309 Tarif Internet Akan Turun 40 Persen

Pemerintah akan mengeluarkan beleid khusus terkait dengan penurunan tarif internet pada April nanti. Beleid tersebut nantinya akan keluar dalam bentuk Keputusan Menteri (KM) yang mengatur batas atas tarif internet.

“Kita meminta tarif internet diturunkan sebesar 40 persen dari yang berlaku sekarang. Untuk tarif batas bawah tidak diatur, lebih diserahkan pada mekanisme pasar,” kata Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi kepada Koran Jakarta, Senin ((16/3).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tenov belum lama ini tarif internet di Indonesia sekitar 128 rupiah per kbps. Sedangkan rata-rata tarif internet per 20 jam adalah 40 ribu rupiah.

Menurut Heru, permintaan penurunan tarif internet merupakan hal yang wajar karena sewa leased line telah turun drastis dari 9 jutaan ke 3 jutaan rupiah untuk satu E1 di bawah 20 km.. Sedangkan Backbone internasional juga telah memiliki banyak pilihan.

”Jika tidak ada penurunan tarif internet berarti yang terjadi Penyedia Jasa Internet (PJI) mempertahankan untung tinggi atau bisa jadi menaikkan margin keuntungan,” katanya.

Dikatakannya, beleid tersebut nantinya akan berbentuk kebijakan persuasif dari pemerintah. “Kita hanya memberikan formulasi penetapan tarif. Jika tidak diikuti oleh PJI terpaksa ada unsur pemaksaan,” tegasnya.

Direktur Utama Indosat Mega Media (IM2) Indar Atmanto mengatakan, konsep internet murah yang diminta oleh pemerintah tergantung pada seberapa ekonomis dilakukan pembangunan infrastruktur.

“Sebenarnya tidak semua segmen pengguna internet yang mau tarif asal murah. Segmen bisnis membutuhkan kecepatan. Tetapi masyarakat umum memang membutuhkan tarif yang terjangkau,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s