170309 Industri Otomotif Desak Dapatkan Insentif

JAKARTA —Pelaku usaha di industri otomotif mendesak pemerintah untuk secepatnya memberikan insentif bagi sektor tersebut untuk menghindari terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Apapun yang sedang dikaji oleh pemerintah untuk sektor ini sebaiknya cepat direalisasikan. Saya khawatir jika tidak da tindakan kongkrit pada semester kedua nanti dampak krisis ekonomi bisa terasa di sektor ini,” ungkap Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di Jakarta, Senin (17/3).

Dikatakannya, saat ini untuk sektor manufaktur di otomotif para pengusaha mulai menerapkan sistim dua shift bagi para buruhnya.

“Ini akibat mulai melambatnya penjualan,” katanya.

Menurut dia, faktor penjualan sangat berpengaruh di sektor otomotif karena akan mempengaruhi kapasitas produksi dari pabrik.

“Tidak mungkin kita memaksakan full capacity jika tidak ada permintaan di pasar. Karena itu berikanlah stimulus secepatnya ke pasarm’ katanya..

Diungkapkannya, terdapat empat faktor yang mempengaruhi penjualan yakni uang beredar, tingkat suku bunga, nilai tukar, dan kondisi bisnis. “Saat ini faktor-faktor itu tidak ada yang mendukung. Karena itu diprediksi penjualan pada tahun ini di industri hanya sekitar 400 ribu unit,” katanya.

Berkaitan dengan rencana Departemen Perindustrian (Depperin) mengaji penurunan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) baik roda empat maupun roda dua guna menggairahkan pasar otomotif nasional, Johnny menyambut, gembira langkah tersebut.

“Seperti yang saya bilang tadi. Apapun itu cepatlah diputuskan. Kami siap saja,” katanya.

NJKB merupakan dasar perhitungan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaran bermotor (BBN-KB). Sayangnya, pemerintah belum memutuskan besaran persentase penurunan NJKB.

Sebelumnya, pemerintah menjanjikan stimulus berupa keringanan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Masuk (BM) bagi komponen otomotif. Namun, ketika stimulus disahkan, rencana itu menguap.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s