Pengembang Geber Superblok

JAKARTA —Pengembang tetap menggeber proyek yang sedang dibangunnya meskipun krisis ekonomi sedang menghantam dunia dan pasar lokal.

“Kami tetap menggeber pembangunan dari proyek yang sedang dikerjakan. Jika pada Oktober atau November 2008 terkesan kami memperlambat proyek itu karena sedang dilakukan perhitungan ulang biaya produksi,” ungkap Vice President PT Artisan Wahyu A. Stefanus Ridwan S di Jakarta, Kamis (12/3).

Stefanus mengungkapkan, akibat adanya krisis beberapa bahan bangunan mengalami peningkatan harga antara 10 hingga 20 persen. Contohnya semen naik sebesar 10 persen dan barang impor akibat depresiasi rupiah mengaami kenaikan sekitar 20 persen.

“Tetapi ada juga bahan bangunan yang mengalami penurunan. Jadi, karena situasinya tidak berubah banyak, kami tetap menggeber pembangunan,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Artisan Wahyu yang menjadi bagian dari Pakuwon grup memiliki dua proyek supeblok di Jakarta yakni kota Casablanca dan Gandaria City . Gandaria City diperkirakan akan beroperasi mulai April 2010 untuk pusat perbelanjaan dan apartemen.

“ Gandaria City proyek superblok kami yang pertama. Proyek senilai 2,1 triliun rupiah itu menawarkan mall, perkantoran, dan apartemen secara terintegrasi,” katanya.

Diungkapkannya, hampir 70 persen dari total 600 unit apartemen seharga 600 juta hingga tiga miliar rupiah tersebut telah terjual. Sementara untuk pusat perbelanjaan juga telah tersewakan sekitar 65 persen ke para tenant.

“Kondisi kami yang telah menyewakan ruang itu tidak memungkinkan lagi menunda pembangunan. Karena itu kami akan geber secepatnya pembangunan dari setiap proyek superblok yang dimiliki,” jelasnya.

Dia memperkirakan, Mall Gandaria City dan Tower A dari apartemen akan bisa beroperasi secara penuh pada April 2010. sedangkan untuk tower B dari apartemen akan selesai pada Oktober tahun mendatang.

“Untuk masalah pendanaan tidak masalah. Dua pertiga dari pembangunan proyek Gandaria City melalui kas internal, sisanya dari penjualan. Tidak ada hutang sehingga aman dari krisis finansial,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s