050309 Suap Diduga Berhubungan dengan Proyek Stimulus 2009

JAKARTA — Kasus suap yang melibatkan anggota DPR RI dari Fraksi PAN Abdul Hadi Djamal dengan Kepala Tata Usaha Distrik Navigasi Pelabuhan Tanjung Priok, Darmawati Dareho dan Komisaris PT Kurnia Jaya Wira Bhakti Surabaya, Hontjo, diduga berhubungan dengan upaya memuluskan tender proyek-proyek stimulus 2009.

Proyek yang disebut-sebut sebagai biang penyuapan adalah proyek pembangunan pelabuhan di Pulau Selayar dan pembangunan bandara di Tana Toraja, kedua kabupaten itu berada di Sulawesi Selatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Departemen Perhubungan Sunaryo mengatakan, salah satu proyek tersebut yaitu pembangunan dermaga pelabuhan Selayar masuk dalam usulan stimulus ekonomi 2009 yang diprogramkan oleh Dephub. Namun rencana pembangunan dermaga itu belum ditender.

“Bagaimana mau ditender, dananya masih dalam tahap pembahasan, belum diputuskan,” kata Sunaryo di Jakarta, Rabu (4/3).

Menurut Sunaryo, pola yang digunakan modus baru dalam korupsi penggunaan dana stimulus, mengingat dana proyek belum siap, namun ada orang-orang tertentu yang bergerak untuk mengarahkan pada salah satu pemenang.

Kabag Perencanaan Ditjen Hubla Dephub, Kemal Heriandri menjelaskan, proyek-proyek perhubungan laut yang akan dibiayai oleh stimulus hanya terbatas pada pembangunan infrastruktur pelabuhan, termasuk dermaga. Untuk Dermaga Selayar juga masuk dalam usulan stimulus.

Meski demikian, dana pembangunan dermaga Selayar yang diusulkan Dephub adalah sebesar 5 miliar rupiah . “Tetapi angka ini belum final,” tandasnya.

Sementara untuk pembangunan bandara Toraja, hingga saat ini pemerintah belum merencanakannya. Bandara Pongtiku, Toraja dianggap tidak bisa dikembangkan lagi.

“Dirjen Perhubungan Udara telah menolak untuk mengembangkannya, karena terain (permukaan) bandara sudah sulit untuk dikembangkan,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Dephub, Bambang Supriyadi Ervan..[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s