BRTI Akan Selidiki Mobile Advertising

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan menyelidiki layanan mobile advertising yang diselenggarakan oleh operator telekomunikasi sejak tahun lalu.

Mobile advertising adalah layanan yang menjadikan ponsel sebagai media beriklan (media seller) dari produsen. Pola bisnis dari layanan ini melibatkan produsen, biro iklan dan operator. Di Indonesia, dua operator sudah menjalankan layanan ini sejak tahun lalu yaitu Indosat melalui i-klan dan Telkomsel dengan kartu As Fress.

“Layanan ini belum memiliki regulasi yang jelas. Jika dilihat sekilas, layanan ini mencampuradukkan antara SMS premium dengan iklan. Kita tidak ingin pelanggan dirugikan,” kata anggota komite BRTI Heru Sutadi kepada Koran Jakarta, Senin (23/2).

Dikatakannya, jika mengacu pada regulasi SMS premium operator harus memberikan fasilitas mendaftar dan menghentikan layanan bagi pelanggan layaknya jasa yang diberikan oleh penyedia konten. “Dan yang terpenting adalah operator tidak boleh memperjualbelikan data pelangganya ke pemasang iklan,” katanya.

Heru juga meminta, operator tidak hanya memberikan bonus berupa SMS atau pulsa bagi pelanggan yang rela menerima iklan dari para mitra provider. “Jika hanya diberikan bonus SMS itu tidak fair bagi pelanggan. Hal ini karena privasi mereka terganggu menerima iklan, tetapi kompensasinya tidak setimpal. Operator menerima puluhan miliar dengan memanfaatkan data base pelanggannya. Ini akan kita pelajari lebih lanjut,” katanya.

Group Head Vas Marketing Indosat Suharso Widyadi Sulistyo mengakui, pihaknya hanya memberikan bonus pulsa lima ribu rupiah untuk pelanggan yang mengaktivasi layanan i-klan.

“Data yang dikirim oleh pelanggan nantinya akan digunakan oleh mitra Indosat. Saat ini kami menjalin kerjasama dengan Nokia dan Oke Shop,” katanya sambil menambahkan layanan i-klan telah menggaet 900 ribu pelanggan.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s