Pasar Elektronik Tumbuh 10 Persen

JAKARTA —Pasar elektronik diperkirakan akan tumbuh sebesar lima hingga 10 persen tahun ini meskipun krisis ekonomi masih berlangsung.

“Awalnya diperkirakan tahun ini pertumbuhan akan minus. Tetapi melihat perkembangan pada Desember tahun lalu, kami menjadi optimistis akan ada pertumbuhan lima hingga 10 persen,” ungkap Sekjen Electronics Marketer Club (EMC) Handojo Soetanto kepada Koran Jakarta, Rabu (18/2).

Dikatakannya, pada tahun lalu penjualan dari produk elektronik mencapai 18 triliun rupiah. Segmen yang paling tinggi penjualannya adalah TV sekitar 40 persen, sedangkan AC sebesar 20 persen. “Kalau tidak salah AC itu terjual satu juta unit,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Penjualan LG Electronic Indonesia (LGEIN) Budi Setiawan mengungkapkan, pada tahun lalu produk air-conditioner (AC) LG memberi kontribusi 15 persen atau 3,03 triliun rupiah untuk pendapatan LG Electronics Indonesia (LGEIN) yang mencapai 1,7 miliar dollar AS atau setara 20,2 triliun rupiah.

Dibandingkan tahun 2007, terjadi pertumbuhan penjualan 20 persen. Sedangkan secara domestik, pertumbuhannya mencapai 30 persen.

Budi mengungkapkan, LGEIN kini menguasai sekitar 27 persen pangsa pasar AC di Tanah Air dengan estimasi besar pangsa pasar mencapai 800.000 unit. Diperkirakan, pertumbuhan pangsa pasar AC akan menyentuh 23 persen tahun ini atau menjadi sekitar satu juta unit.”Kami yakin dapat menguasai 30 persennya di akhir tahun,” ujarnya.


Berkaitan dengan harga jual ritel produknya, Budi mengaku telah menaikkan harga jual retailnya 2-3 persen pada rata-rata seluruh produk LGE setiap bulan sejak November lalu. Adapun terdapat empat unit bisnis LGE yakni Mobile Communications, Digital Appliance, Digital Display, dan Digital Media.

“Harga yang dipatok adalah berdasarkan kurs Rupiah terhadap Dolar masih sekitar 9.000 rupiah. Karena kini berkisar di angka 11.000 rupiah, maka kami naikkan harganya sedikit-sedikit,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s