190209 Pascabayar CDMA: Titik Awal Pengembangan Layanan

Bagi operator berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) memiliki pelanggan pascabayar tidak hanya merupakan diversifikasi produk untuk memenangkan persaingan di pasar.

Bagi pemain CDMA, jasa pascabayar memiliki arti yang strategis. Hal ini karena dari jasa tersebut, operator CDMA bisa mengembangkan banyak layanan untuk memanjakan pelanggannya. “Prabayar itu kita butuhkan untuk mengakuisisi pasar. Tetapi untuk retensi tentunya dari pascabayar,” ungkap Head of Commercial Marketing Smart Telecom Ruby Hermanto kepada Koran Jakarta, Rabu (18/2).

Menurut Ruby, memiliki pelanggan pascabayar merupakan titik awal untuk pengembangan layanan bagi operator berbasis CDMA. “Dari jasa inilah bisa ditawarkan layanan yang lebih eksklusif di luar suara dan SMS,” ujarnya.

Dikatakannya, berbeda dengan jasa prabayar dimana data dari pelanggan tidak bisa divalidasi, maka di pascabayar hal tersebut bisa dieliminir. “Data yang valid ini membuat kita lebih percaya memberikan layanan yang bisa dipertanggungjawabkan oleh pelanggan,” katanya.

Layanan yang masuk dalam kategori bertanggungjawab tersebut adalah fasilitas roaming untuk keluar negeri, akses data, dan fleksibilitas pembayaran. “Jika di prabayar itu dilakukan, bisa saja pelanggan kabur setelah menikmati layanan. Dan operator tidak tahu mencarinya kemana. Terutama untuk fasilitas roaming,” jelasnya.

Diungkapkannya, untuk tahap awal Smart Telecom akan meluncurkan dua paket pascabayar dengan menggandeng Nokia dan Haier. Paket Haier D1100 dibanderol seharga 99 ribu rupiah dan paket Nokia 250 ribu rupiah. Paket tersebut harus dibeli melalui kartu kredit keluaran bank tertentu.

”Masing-masing paket dengan berbagai kemudahan yang diterima pelanggan. Target kita komposisi dari pengguna pasca dan prabayar nantinya sama dengan di industri yakni sekitar lima persen dari total pelanggan,” katanya sambil menambahkan hingga akhir tahun lalu Smart telah memiliki 1,5 juta pelanggan.

Selanjutnya Ruby mengatakan, Smart akan terus menawarkan produk yang berkualitas bagi pelanggan pascabayarnya. Salah satu yang dipersiapkan adalah akses data secara mingguan dan harian. ”Paket itu dipersiapkan untuk menunjang jangkauan Smart yang terus dikembangkan hingga semester pertama tahun ini ke Lampung, Aceh, Pekanbaru, Lombok, dan Makassar,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s