Telkomsel Ganti Nakhoda

KiskendaJAKARTA —PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengganti nakhodanya yang telah memimpin kapal mengarungi lautan telekomunikasi Indonesia selama empat tahun terakhir ini.

Hal itu tercermin saat serah terima jabatan pada Kamis (29/1), dari “Nakhoda Lama” Kiskenda Suriahardja kepada “Kapten Kapal” baru Sarwoto Atmosutarno disaksikan oleh jajaran Komisaris, Direksi , dan karyawan Telkom serta Telkomsel di kantor Telkom.

Tidak hanya “Nakhoda” alias Direktur Utama yang diganti, Direktur Perencanaan dan Pengembangan juga diserahkan oleh pejabat lama Syarif Syahrial Ahmad kepada pejabat baru, Herfini Haryono.

“Ini bagian dari penyegaran. Selain itu Direktur lama sudah hampir habis masa jabatannya yakni empat tahun. Jadi, ini pengembangan karyawan rutin saja,” ujar Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah yang juga Komisaris Utama Telkomsel, kepada Koran Jakarta, Kamis (29/1).

Untuk diketahui, Telkomsel sahamnya diikuasai oleh Telkom dan Singapore Telecommunication (SingTel). Pengangkatan Sarwoto dan Herfini sudah diketahui oleh kedua belah pihak dan mendapatkan persetujuan tanpa ada penolakan.

Komisaris Utama Telkom, Tanri Abeng menyatakan kesepakatan penggantian sudah dilakukan sejak dua pekan lalu, tanpa melalui proses Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), namun dilakukan dengan pola bergilir (circular resolution) antara Telkom sebagai pemegang saham sebesar 65 persen dan Singtel 35 persen.

“Keputusan penggantian dirut melalui pola circular dengan alasan kepraktisan. Jadi tidak harus menyelenggarakan RUPS,” ujarnya.

Sarwoto selama ini terkenal sebagai salah seorang yang membidani sekaligus berperan besar dalam pembangunan satelit-satelit dan jaringan serat optik milik Telkom. Pria ini terakhir kali menjabat EGM Divisi Infrastruktur Telkom. Sedangkan Herfini sebelumnya menjabat sebagai VP Business Control Telkomsel

Sumber Koran Jakarta yang dekat dengan petinggi Telkom mengatakan, rencana pemegang saham mengganti Kiskenda sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu, namun belum mendapatkan figur yang tepat.

Pergantian juga dikait-kaitkan dengan kasus penipuan pelanggan Telkomsel yang dilakukan bersama dengan penyedia konten (content provider) PT Cahaya Intiza Abadi (CIA) dan Pemilu 2009. Dalam kasus CIA, salah seorang kerabat Kiskenda diduga memuluskan aksi perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk isu Pemilu, tak dapat dilepaskan dari posisi Telkomsel selama ini sebagai mesin uang dari Telkom dalam menghasilkan pendapatan. “Kiskenda terlau dekat dengan salah satu partai politik beraliran Islam. Bahkan, posisi manager dan VP di Telkomsel umumnya diduduki pendukung partai tersebut. Ini membuat para penguasa menjadi khawatir,” katanya

Menanggapi hal itu, Rinaldi membantah keras,”Kiskenda selama ini sudah memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi Telkomsel. Tidak ada itu pergantian karena hal itu. Harapan saya, penggantinya dapat meneruskan kerja keras Pak Kis”.

Sarwoto ketika dimintai pendapatanya mengaku siap menjalankan amanah dari pemegang saham Telkomsel. “Saya tentu akan memberikan yang terbaik,” tegasnya.

Untuk diketahui, kinerja Telkomsel dari sisi pelanggan selama dipegang oleh Kiskenda memang menunjukkan angka yang luar biasa. Sebanyak 65 juta pelanggan pada akhir 2008 dapat diraih. Sayangnya, sejak adanya kebijakan penurunan tarif pada April 2008, Kiskenda tidak mampu mempertahankan keuntungan tinggi yang selama ini diraih Telkomsel.

Bahkan pendapatan dari pelanggan pasca bayar menunjukkan penurunan secara drastis dan pangsa pasar pun mulai tergerus sebagai penguasa. Dampaknya, pendapatan Telkom grup pun pada 2008 diperkirakan menurun.[dni].

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s