290109 Regulator Mulai Fokus Pada Pelayanan

JAKARTA—Regulator penerbangan lokal akan lebih memprioritskan program kerjanya pada tahun ini untuk meningkatkan pelayanan dari maskapai setelah tahun lalu menitikberatkan mengangkat kepatuhan maskapai pada aspek keselamatan.

”Tahun lalu memang kita ingin mengangkat aspek keselamatan dari para maskapai. Ini tak bisa dilepaskand dari lemahnya aspek keselamatan dari para maskapai. Dan tahun lalu terjadi peningkatan yang positif,” ujar Direktur Angkutan Udara Departemen Perhubungan Tri S Sunoko, kepada Koran Jakarta, Selasa (27/1).

Dijelaskannya, selama ini pola pemeringkatan berjalan selama tiga bulan sekali dengan nomor peringkat satu, dua, dan tiga. Maskapai yang berada di peringkat ketiga biasanya akan dibekukan izin AOC-nya. Regulator mensyaratkan minimal maskapai berada di peringkat kedua atau pertama.

Secara terpisah, pengamat penerbangan Suharto Madjid menyarankan untuk hanya ada dua pemeringkatan yakni layak terbang dan tidak layak terbang. ”Pembagian tiga peringkat itu tidak sehat bagi industri. Konsumen pun jadi ribet untuk mengetahui peringkat maskapai,” katanya.

Suharto pun memperkirakan, pada tahun ini penggunaan dari maskapai sewaan akan meningkat ketimbang tahun lalu akibat adanya aktifitas kampanye Pemilu. ”Kenaikan penggunaan maskapai sewaan itu bisa 100 persen. Selain itu maskapai dengan konsep Low Cost Carrier (LCC) juga akan menangguk keuntungan karena biaya operasional lebih efisien,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Tri menyakini peningkatan penggunaan pesawat sewaan akan berdampak positif untuk mendorong semakin banyaknya maskapai berjadwal. Hal ini karena adanya kemudahan dari UU No 1 Tentang penerbangan yang mempermudah pengalihan cara berbisnis asalkan kecukupan finansial, operasional, dan kepatuhan layanan yang dipersyaratkan terpenuhi.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s