020109 Garuda Rencanakan Tambah 18 Rute Baru

garuda-pesawatJAKARTA—PT Garuda Indonesia merencanakan untuk menambah sedikitnya 18 rute baru tujuan domestik dan regional pada 2009 mendatang. Pengembangan rute-rute baru tersebut terkait dengan penambahan 14 pesawat baru jenis Boeing 737 NG (Next Generation) di tahun itu.

Juru Bicara Garuda Pujobroto menjelaskan, penambahan 18 rute baru tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan bisnis yang dirancang Garuda ke depan.

Rute-rute tersebut meliputi 13 rute di dalam negeri dan 5 rute tujuan mancanegara. Rute dalam negeri yang akan dibangun Garuda antara lain rute Jakarta-Tanjung Karang (Lampung), Jakarta-Malang (Jawa Timur), Jakarta-Makassar- Gorontalo, Jakarta-Makassar- Sorong (Papua), serta Jakarta-Makassar- Ambon.

Rute dalam negeri lainnya adalah tujuan Jakarta-Makassar- Palu (Sulawesi Tengah), Jakarta-Jambi, Jakarta-Manado- Ternate (Maluku Tenggara), Jakarta-Balikpapan- Tarakan, Jakarta-Pangkal Pinang, Denpasar-Lombok (NTB), dan Denpasar-Kupang (NTT).

Sedangkan untuk rute luar negeri meliputi Denpasar-Adelaide (Australia), Denpasar-Hongkong, Surabaya-Hongkong, Jakarta-Shanghai (Cina)-Denpasar- Jakarta, serta tujuan Jogjakarta-Singapur a.

”Sebagian dari rute yang kami kembangkan ini merupakan rute penerbangan baru. Sedangkan beberapa lainnya adalah rute lama yang dulu pernah diterbangi Garuda, juga pengembangan dari rute sebelumnya,” jelas Pujobroto di Jakarta, Kamis (31/12/08).

Salah satu rute baru yang dibuka adalah tujuan Jogjakarta-Singapur sebanyak 3 kali per minggu, setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara rute hasil pengembangan dari rute yang pernah ada sebelumnya adalah tujuan Jakarta-Shanghai (Cina)-Denpasar- Jakarta, yang sebelumnya hanya Jakarta-Shanghai- Jakarta.

Menurut Pujobroto, rute-rute baru tersebut dibuka secara bertahap. Aktivitas pembukaan rute ini sendiri telah dimulai sejak 16 Januari 2008. Rute pertama yang dibuka adalah rute tujuan Jogjakarta-Singapur a. Sementara rute Jakarta-Shanghai- Denpasar- Jakarta dibuka pada 20 Desember 2008.

”Rute-rute lain akan dibuka sekitar pertengahan Januari 2009 dengan frekwensi 7 kali per minggu,” pungkas Pujobroto.

Ditambahkan Pujobroto, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bahwa 60 pesawat baru yang dipesan Garuda akan datang pada 2009. Pesawat-pesawat itu terdiri dari 50 unit Boeing 737 NG dan 10 unit 777-300ER.

”Dengan keberadaan pesawat baru dan program revitalisasi yang dilakukan Garuda, pada 2013 nanti Insya Allah total armada yang kami miliki bertambah menjadi tiga kali lipat menjadi 128 armada,” pungkas Pujobroto.

Saat ini, Garuda mengoperasikan sebayak 54 pesawat jet moderenyang terdiri dari tiga pesawat berbadan lebar B 747-400, enam A-330, serta enam B737NG dan 39 pesawat berbadan sempit B737 series.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar