301208 Operator Raup Keuntungan Saat Natal

JAKARTA—Dua operator telekomunikasi PT Indosat Tbk (Indosat) dan PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), berhasil meraup keuntungan puluhan miliaran rupiah hanya dari jasa pesan singkat (Short Messages Service/SMS) saat hari Natal lalu.

Tercatat, Indosat dengan 35,5 juta pelanggan yang dimilikinya pada hari H Natal melayani 257 juta SMS atau naik 37 persen dibandingkan trafik SMS di hari biasa pada awal November lalu yang sebesar 232 juta SMS.

Sementara XL dengan 22 juta pelanggan pada hari Natal melayani 90 juta SMS atau naik 12,5 persen dibandingkan peringatan Natal tahun lalu dengan 80 juta SMS.

Jika perolehan dari pengiriman SMS tersebut dikonversikan ke rupiah, maka Indosat meraup keuntungan sekitar 35,46 miliar rupiah dan Xl 12,42 miliar rupiah.

Nilai rupiah tersebut didapat dengan mengambil rata-rata tarif SMS berdasarkan penawaran biaya interkoneksi yakni 138 rupiah dan dikalikan dengan total perolehan kiriman SMS masing-masing operator.

Juru bicara Indosat, Adita Irawati mengungkapkan, keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 95 persen yang berarti tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS ke sesama pelanggan di jaringan Indosat kala Natal lalu.

”Sedangkan untuk pengiriman lintas operator tingkat keberhasilan mencapai 90 persen. Kenaikan tertinggi terjadi di Sumatera Utara (27,9%), Sulawesi Maluku, dan Papua (21.4%),” katanya.[dni]

Sementara itu, juru bicara XL Febriati Nadira mengatakan, layanan yang banyak digunakan pelanggan XL saat Natal lalu adalah suara. Tercatat, trafik percakapan tertinggi terjadi pada saat Natal (25 Des 2008) yakni 780 juta percakapan, dengan jumlah panggilan keluar 410 juta menit.

”Ini mungkin karena dampak rogram promosi kami yang selalu mengedepankan XL adalah pelopor tarif murah. Jadinya, pelanggan lebih senang mengucapka selamat Natal melalui suara ketimbang SMS,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s