241208 2009, Kunjungan Wisman Hanya Tumbuh 1%

JAKARTADepartemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) memperkirakan pada tahun depan arus kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia hanya tumbuh sekitar satu hingga dua persen.

Jika pada tahun ini berkat program tahun kunjungan wisata (Visit Indonesia Year/VIY) wisman yang mengunjungi Indonesia mencapai 6,4 juta orang, maka pada tahun depan diperkirakan jumlahnya hanya naik menjadi 6,5 juta orang.

“Itu pun target optimis dari kami. Target pesimisnya sekitar 6,25 juta orang. Dan realistisnya sama dengan tahun ini sekitar 6,4 juta orang,” ujar Menbudpar Jero Wacik di Jakarta, Selasa (23/12).

Jero menjelaskan, kecilnya pertumbuhan kunjungan wisman pada tahun depan tak dapat dilepaskan dari kondisi ekonomi dunia yang mengalami krisis pada tahun depan. “Di dunia saja pertumbuhan industri pariwisata sekitar dua pesen. Jika kita mampu mempertahankan performa pada tahun ini saja sudah luar biasa. Apalagi bisa menyamai pertumbuhan global,” katanya.

Dirjen Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar menambahkan, dalam rangka mencapai target wisman tahun depan, pemerintah akan membidik turis dari negara-negara terdekat seperti Malaysia , Korea , dan China . Selain itu akan digelar juga berbagai kegiatan yang mampu menarik datangnya wisman seperti kegiatan bahari atau Meeting, Incentive, konferensi, dan eksibisi.

Selanjutnya Jero mengungkapkan, tahun ini sektor pariwisata mampu menyumbang devisa sekitar 7,65 miliar dolar AS, lebih tinggi dari pencapaian tertinggi tahun 2000 senilai 5,74 miliar dolar AS.

Tingginya angka devisa pariwisata tahun 2008 didorong dua faktor yaitu peningkatan jumlah wisman, dan meningkatnya pengeluaran wisman saat berada di tanah air.

Dikatakannya, berdasarkan hasil penghitungan “passanger exit survey” 2008, rata-rata pengeluaran wisman per orang per kunjungan mencapai 1.178 dolar AS, naik dari tahun 2007 sekitar 970 dolar AS.

Dijelaskannya, selain kunjungan wisman selama tahun 2008 industri pariwisata juga di dipicu meningkatnya pergerakan wisatawan nusantara sebesar 223 juta perjalanan meningkat 4,95 persen dari tahun 2007 sebanyak 211 juta perjalanan.

Dari sisi pengeluaran atau belanja perjalanan wisatawan nusantara tahun 2008 tercatat 107,1 triliun rupiah atau naik dari tahun sebelumnya sebesar 102 triliun rupiah.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s