231208 Segmen Korporasi Sumbang 50% Pendapatan Telkom

logo_telkomPelanggan dari segmen korporasi ternyata selama ini memiliki kontribusi positif bagi pendapatan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Tercatat, segmen tersebut berhasil berkontribusi sebesar 50 persen dari total 44,6 triliun rupiah pendapatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu hingga kuartal ketiga tahun ini.

“Kami memiliki enam ribu pelanggan dari segmen korporasi. Jumlah ini diharapkan akan tumbuh sebesar lima persen hingga akhir tahun nanti,” ujar Direktur Utama Telkom Rinaldi firma

Direktur Enterprise and Wholesale, Arif Yahya menambahkan, meski pertumbuhan dari basis pelanggan relatif melambat, namun dari sisi bisnis pasar korporasi tetap akan ada pertumbuhan sebesar 10 persen.

Selama ini, ungkap Arif, perusahaan yang menggunakan jasa infrastruktur milik Telkom berasal dari perusahaan finansial dan perbankan , pertambangan, pendidikan, dan underlicense operator atau operator telekomunikasi yang menyewa jaringan Telkom.

Arif mengakui, perusahaan-perusahaan tersebut memilih Telkom tak lain karena jangkauan layanannya yang luas. “Enam puluh persen perusahaan memilih jasa kami karena jangkauan. Baru sisanya memilih karena pertimbangan kustomisasi, konsultasi dan biaya,” tuturnya.

Rinaldi mengungkapkan, guna menjaga kesetiaan pelanggan korporasi menggunakan jasa Telkom, pihaknya meluncurkan layanan i-Sure yang menghabiskan investasi sebesar 81 miliar rupiah. Layanan tersebut khusus dibuat untuk memberi jaminan kepada pelanggan korporasi agar tetap puas dengan layanan berbasis TI yang diselenggarakan Telkom.

Berkaitan dengan belanja modal dari perseroan pada tahun depan, Rinaldi memperkirakan, jumlahnya akan sama dengan tahun ini yakni sekitar 22 hingga 24 triliun rupiah. “Pendanaan akan berasal dari dana internal dan perbankan lokal. Hampir 60 persen akan digunakan oleh anak usaha, Telkomsel,” ungkapnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s