291108 Ekspansi Merpati Terancam

logo-mzpng

Rencana ekspansi maskapai nasional, Merpati Nusantara Airlines, ke Kawasan Timur Indonesia terancam terhambat seiring belum jelasnya rencana pengadaan 13 pesawat asal China
oleh maskapai tersebut.

“Kami sedang menunggu rencana pemerintah untuk mengadakan pesawat itu. Kalau pengadaannya tertunda maka rencana pembukaan rute juga akan tertunda,” kata Sekretaris Perusahaan Merpati, Purwatmo saat dihubungi di Jakarta , Jumat (28/11).


Sebelumnya, Menteri Negara BUMN Sofyan A Djalil mengatakan hingga kini belum ada pembatalan pemesanan pesawat. “Intinya, kerjasama pembelian pesawat ini belum dibatalkan. Tapi masih negosiasi, apakah membeli pesawat itu semua atau sebagian itu masih dibicarakan, dan kita menghargai pemerintah China ,” kata Sofyan.


Saat ini, jelasnya, pihak Merpati sedang menyiapkan tim yang akan berangkat ke China untuk melakukan negosiasi. Sofyan meminta agar rencana pembelian pesawat ini dipandang sebagai bentuk kerjasama jangka panjang.


Menurutnya, pada saat krisis seperti ini, Merpati harus selamat demikian juga dengan perusahaan manufaktur di China yang punya kepentingan sama.

Seperti diketahui, Pemerintah RI memesan 15 unit pesawat jenis MA 60 yang berkapastias 50 penumpang (50 seater) lebih ke Pemerintah China. Hingga kini pengadaan baru terealisasi sebanyak dua unit yang telah dioperasikan pada rute Denpasar-Mataram dan Kupang-Makassar.

Armada ini dianggap Merpati cocok untuk penerbangan di Indonesia yang mempunyai banyak pulau. Dengan kapasitas 56 penumpang dan mampu melayani rute©rute pendek antar pulau atau antar kabupaten/kota, jenis pesawat ini akan dijadikan New Commuter Service (NCS).

Merpati telah menyiapkan rute-rute baru bila pesawat tersebut telah datang ke Indonesia . Setidaknya ada lebih dari 10 rute antar daerah di Indonesia bagian timur seperti Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi, Papua dan Kalimantan.


Saat ini untuk 50 seater, Merpati hanya mengoperasikan tiga pesawat yaitu dua unit MA 60 yang telah datang awal tahun dan Fokker 27. Pesawat tersebut dioperasikan di Bali , Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s