171108 Fluktuasi Rupiah Pukul Ponsel Low End

ponsel-vitellBerfluktuasinya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS selama satu bulan ini memukul penjualan telepon seluler (ponsel) yang menyasar segmen menengah bawah (low end). “

Segmen ponsel low-end paling merasakan dampak dari turunnya nilai mata uang Rupiah yang terjadi saat ini. Pasar yang shock membuat calon pembeli menahan untuk membeli ponsel. Padahal ponsel low-end menguasai sekitar 70% dari penjualan ponsel di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Lintas Cakrawala Persada Zenko Gunawan kepada Koran Jakarta, belum lama ini.

PT Lintas Cakrawala Persada adalah produsen dan distributor ponsel dengan merek Vitell. Merek ini diklaim hasil buatan anak negeri oleh perusahaan tersebut.

Dijelaskannya, terdesaknya nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika berdampak menyebabkan naiknya harga jual ponsel. Kenaikan harga jual tersebut membuat banyak konsumen menahan diri untuk membeli ponsel baru.

“Setelah Lebaran dan menjelang akhir tahun, tren konsumsi masyarakat juga mengalami perubahan. Masyarakat kini cenderung mengalokasikan dana yang mereka miliki ke kegiatan berlibur. Ini juga menjadi pemicu turunnya penjualan,” jelasnya.

Meskipun begitu, Zenko tetap optimistis pada tahun ini penjualan dari Vitell menembus angka 300 ribu unit. “Hingga sekarang kita sudah menjual 200 ribu unit. Waku tersisa ini akan dimanfaatkan untuk menguber target,” tuturnya.

Diungkapkannya, andalan dari Vitell untuk meraih konsumen adalah tipe V299. Ponsel tersebut digunakan oleh operator seluler XL untuk menjualnya bersama kartu perdana prabayar milik operator tersebut.”Penjualan ponsel seri tersebut telah mencapai 100 ribu unit,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s