101008 Dephub Siapkan Rp 41 Miliar Rehabilitasi Jalur KA Bogor-Sukabumi

Departemen perhubungan (Dephub) menyiapkan dana sebesar   41 miliar rupiah guna memperbaiki jalur kererta api (KA)   lintas  Bogor-Sukabumi  sepanjang  90  kilo meter.

 

Dana tersebut diambil dari   program revitalisasi kereta api untuk kawasan Jawa Barat senilai 247,5 miliar rupiah yang disediakan oleh pagu anggaran departemen tersebut tahun ini.

 

Jalur   yang sempat ditutup sejak  2006 tersebut, rencananya akan mulai dioperasikan pada awal tahun depan.

 

“Lintasan tersebut kita hidupkan kembali karena sebelumnya sempat menjadi primadona bagi para penumpang kelas ekonomi. Rencananya setelah direhab tidak hanya akan melayani penumpang ekonomi tetapi juga bisnis dan eksekutif,” ungkap     Sekretaris  Direktorat  Jenderal Perkeretaapian  Dephub, Nugroho Indrio, di Jakarta, Rabu(8/10).

 

Dia  mengharapkan, penyelesaian proyek tersebut akan selesai menjelang tutup tahun ini  mengingat lintasannya sudah ada dan hanya tinggal diperbaiki. Pekerjaan yang telah dimulai adalah  perbaikan rel, persinyalan, pengadaan sejumlah kereta rel diesel (KRD), dan  perbaikan stasiun. Rehabilitasi juga   akan memperbaiki  terowongan KA Lambegan yang sempat ambruk akibat gempa bumi pada 2001

 

Sedangkan untuk pengoperasian, lanjutnya, akan disesuaikan dengan permintaan pasar. “Kalau permintaan menghendaki  adanya pelayanan  non ekonomi, yah disesuaikan  saja.  Tapi tetap  kereta  ekonomi  dilayani,  karena  jalur  itu  memang  sempat menjadi primadona  untuk  penumpang kereta  kelas ekonomi,” jelasnya.

 

Secara terpisah, kepala Humas   Ditjen Perkeretaapian   Dephub  Suprapto  menyebutkan, saat ini sedang disiapkan  anggota  tim  untuk    melihat secara  langsung  kondisi  terakhir  di lapangan. “Tim yang dipimpin  Dirjen Perkeretaapian Pak Wendy akan meninjau langsung lintas Sukabumi-Bandung itu,” kata Soeprapto.

 

Dia memprediksi, jika ruas  Bogor –Sukabumi dioperasikan    akan menjadi   lintasan terpadat mengingat    masyarakat di sekitar  Sukabumi dan Bogor  sangat berharap  angkutan massal itu   kembali  beroperasi.

 

 Berdasarkan catatan, sejak ambruknya terowongan Lambegan, PT Kereta Api yang sebelumnya  mengoperasikan lintas  Bogor-Sukabumi hanya bisa melayani jalur kereta api Bogor – Cianjur – Lambegan, sedangkan jalur Lambegan – Sukabumi masih tertutup.[dni] 

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s